Pengaruh penggunaan media pembelajaran Tape Recorder terhadap kemampuan memahami isi bacaan pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Tunanetra di SMPLB bagian A YPAB Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Lianatus (2010) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Tape Recorder terhadap kemampuan memahami isi bacaan pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Tunanetra di SMPLB bagian A YPAB Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lianatus Sholihah_D01205139.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36194

Abstract

Anak tunanetra adalah satu dari sekian jenis anak luar biasa, kurang atau tidak berfungsinya indra penglihatan yang mereka miliki dengan sempuma dapat menjadi sebab terjadinya hambatan dalam proses belajamya. Salah satu usaha untuk meningkatkan prestasi belajar adalah dengan menggunakan alat bantu atau sarana belajar yang sesuai dengan keadaan, kebutuhan dan kemampuan anak didik. Diantara alat bantu belajar yang biasa digunakan oleh anak sebagai upaya untuk memahami isi bacaan atau bahan pelajaran adalah Tape Recorder atau kaset rekaman. Media pembelajaran tersebut sangat membantu anak tunanetra dalam upaya mencapai perolehan hasil belajar yang optimal. Untuk memfokuskan penelitian skripsi ini, maka peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah yang berhubungan dengan variabel dalam judul untuk dijawab melalui rangkaian penelitian. Pertama, tentang bagaimana penggunaan media tape recorder dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII dan VIII di SMPLB-A YPAB Surabaya. Kedua, tentang bagaimana kemampuan memahami isi bacaan Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII dan VIII SMPLB-A YPAB Surabaya. Ketiga, tentang adakah pengaruh media pembelajaran tape recorder untuk memahami isi bacaan terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB­A YPAB Surabaya. Untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen "posttest-only control group", yang melibatkan dua kelompok di mana sat diantaranya diberikan perlakuan eksperimen. Pada desain ini subyek penelitian ditempatkan secara random ke dalam kelompok-kelompok dan yang diekspos sebagai variabel-independen diberi postes. Nilai-nilai postes dari kelompok-kelompok tersebut dibandingkan untuk menentukan keefektifan treatmen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah menganalisa data yang sudah ada, maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran tape recorder berpengaruh terhadap kemampuan memahami isi bacaan PAI siswa kelas VII dan VIII SMPLB Bagian A YPAB Surabaya. Hal tersebut dibuktikan melalui serangkaian uji "t" yang dilakukan, dimana basil dari uji "t" menyatakan bahwa ada perbedaan antara siswa kelas VII yang menggunakan tape recorder dengan siswa kelas VIII yang tidak menggunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasi l akhir pada taraf signifikansi 5% dari derajat kebebasan 13, ternyata besar angka batas penolakan hipotesa nol yang ditujunjukkan dalam tabel nilai-nilai t (pada lampiran) adalah 2.160. kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai "t" yang telah diperoleh dalam penelitian sebesar 3.119 merupakan angka yang lebih besar dari t tabel.sehingga Hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Lianatus--D01205139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamim, Nur--196203121991031002
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Media pembelajaran; Tape Recorder; memahami isi bacaan; Pendidikan Agama Islam; tunanetra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:13
Last Modified: 25 Nov 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36194

Actions (login required)

View Item View Item