Kontribusi Al Shatibi & Yusub Al Qardawi dalam pembaharuan pemikiran hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Darmawan (2014) Kontribusi Al Shatibi & Yusub Al Qardawi dalam pembaharuan pemikiran hukum Islam. IMTIYAZ, Surabaya. ISBN 978-602-7661-16-5

[img] Text
Darmawan_Kontribusi Al Shatibi & Yusub Al Qardawi.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36324

Abstract

Pembaharuan hukum Islam (persoalan fikih) dapat diartikan sebagai suatu upaya dan perbuatan melalui proses tertentu (dengan penuh kesungguhan) yang di lakukan oleh mereka yang mempunyai kompentensi dan otoritas dalam pengembangan hukum Islam. Fenomena pembaharuan hukum Islam, dengan beragam fasenya, terjadinya berdasarkan dua aspek : aspek idiologis atau aspek eksternal dan aspek subtansial atau aspek internal. Aspek pertama berkaitan dengan masalah reaktualisasi dan penegasan kembali identitas umat Islam di pentas dunia internasional pasca kolonialisme melalui penerapan kembali syariat Islam (tathbiq al-syaria’ah al-Islamiyyah). Sedang aspek substansial berkaitan erat dengan penerapan maslahah via pembumian maqashid al-shariah. Dengan demikian pembaharuan hukum Islam di maksudkan agar hukum Islam tidak ketinggalan zaman dan mampu menjawab permasalahan yang di hadapi masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, buku ini fokus pada permasalahan pembaharuan hukum Islam berdasarkan upaya yang telah di lakukan oleh imam al-shatibi dan yusuf qordawi. Meski berbeda era, namun keduanya memiliki ciri khas di dalam merelevansikan hukum Islam dalam menghadapi dinamika zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Pemikiran
Keywords: Pembaharuan hukum Islam; fikih
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2019 08:26
Last Modified: 13 Dec 2019 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36324

Actions (login required)

View Item View Item