Korelasi disiplin belajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dwi Nur Vita (2010) Korelasi disiplin belajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Nur Vita Sari_D31206039.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36325

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah disiplin siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI Tahun Pelajaran 2009/2010, bagaimanakah motivasi siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI Tahun Pelajaran 2009/2010 dan adakah hubungan antara disiplin belajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah disiplin siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI Tahun Pelajaran 2009/2010, untuk mengetahui bagaimanakah motivasi siswa dalam belajar di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI Tahun Pelajaran 2009/2010, dan untuk mengetahui adakah hubungan antara disiplin belajar dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sejumlah 291 siswa, penentuan sampel penelitian dengan teknik proposional random sampling berdasarkan ukuran sampel didapatkan banyak sampel 58 siswa Pengambilan data dengan menggunakan angket dan wawancara untuk mengetahui disiplin belajar dan morivasi belajar. Untuk mendapatkan validitas dari perhitungan diperoleh dengan menggunakan runms korelasi product moment. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI dan diambil secara acak dari jumlah siswa yang ada. Hasil penelitian menunjukkan secara umum disiplin belajar siswa termasuk dalam kategori agak rendah sedangkan pada motivasi belajar termasuk dalam kategori agak rendah, dengan besar hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar sebesar 0,438 dimana harga r tabel nya = 0,266, karena r tabel < r hitung maka berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan motivasi belajar. Saran berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa perlu adanya pembenahan kearah yang lebih baik yaitu jangan menunda-nunda tugas yang diberikan guru, jangan malas untuk belajar. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa ada dua hal penting yaitu bagaimana agar siswa tidak malas untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa bila mengerjakan soal didepan kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dwi Nur Vita--D31206039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, M.----
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Disiplin belajar; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2019 08:57
Last Modified: 13 Dec 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36325

Actions (login required)

View Item View Item