Sistem penilaian kinerja finansial dan sosial bank syariah perspektif maqasid al Najjar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetiyo, Luhur (2019) Sistem penilaian kinerja finansial dan sosial bank syariah perspektif maqasid al Najjar. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luhur Prasetiyo_F53315036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disertasi ini membahas tentang sistem penilaian kinerja bank syariah yang masih dalam pencarian bentuk yang ideal dengan menggunakan perspektif maqasid al-Najjar. Tiga masalah pokok yang menjadi fokus kajian dalam disertasi ini adalah (1) Bagaimana sistem penilaian kinerja finansial bank syariah?; 2) Bagaimana sistem penilaian kinerja sosial bank syariah?; dan 3) Bagaimana sistem penilaian kinerja finansial dan sosial bank syariah dalam perspektif maqasid al-Najjar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan multidisipliner dengan memadukan teori penilaian kinerja bank syariah dengan konsep maqasid al-Najjar. Sementara, untuk mengeksplorasi dan mendapatkan pemahaman yang holistik terhadap data dan teori, ada dua pola analisis yang digunakan, yaitu analisis isi (content analysis) dan analisis domain (domain analysis). Dengan menggunakan model analisis tersebut, kesimpulan penelitian ini adalah: pertama, ada beberapa model sistem penilaian kinerja finansial bank syariah. Sistem penilaian tersebut ada yang menilai kinerja finansial bank syariah secara parsial dan ada juga yang secara komprehensif. Kedua, belum ada sistem penilaian kinerja yang diformulasikan secara khusus untuk menilai kinerja sosial bank syariah. Beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk menilai kinerja sosial bank syariah mengadaptasi konsep Corporate Social Performance (CSP) yang dikembangkan untuk penilaian perusahaan secara umum. Ketiga, sistem penilaian kinerja finansial dan sosial bank syariah dalam perspektif maqasid al-Najjar meliputi empat konsep utama maqasid al-Najjar sebagai kerangka penilaian. Dengan menggunakan pendekatan maqasid al-Najjar, penilaian kinerja finansial dan sosial bank syariah meliputi: 1) perlindungan nilai kehidupan manusia; 2) perlindungan esensi manusia; 3) perlindungan komunitas manusia; dan 4) perlindungan dimensi material manusia. Dengan demikian, implikasi hasil penelitian ini adalah melengkapi sistem penilaian kinerja bank syariah dengan pendekatan maqasid yang sudah diformulasikan sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetiyo, Luhurelprasetiyo@yahoo.co.idF53315036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMawardi, Ahmad Imamai_mawardi@yahoo.co.id2020087002
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Bank Islam
Keuangan Islam
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Prasetiyo Luhur
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:56
Last Modified: 28 Feb 2020 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36344

Actions (login required)

View Item View Item