This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zulfani, Achmad Fahrizal (2010) Konsep pendidikan Islam perspektif Abu Al A'la Al Maududi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Achmad Fahrizal Zulfani_D31206015.pdf Download (5MB) |
Abstract
Islam yang memiliki sifat universal dan kosmopolit dapat merambah ke ranah kehidupan apa pun, termasuk dalam ranah pendidikan. Ketika Islam dijadikan sebagai paradigma ilmu pendidikan paling tidak berpijak pada tiga alasan, Pertama, ilmu pendidikan sebagai ilmu humaaniora tergolong ilmu normatif, karena ia terkait oleh norma-norma tertentu. Pada taraf ini, nilai-nilai Islam sangat berkompeten untuk dijadikan nonna dalam ilmu pendidikan. Kedua, dalam menganalisis masaJah pendidikan, para ahli selama ini cenderung mengambil teori-teori dan falsafah Barat. Falsafah pendidikan Barat lebih bercorak sekuler yang memisahkan berbagai dimensi kehidupan. Sedangkan masyarakat Indonesia lebih bersifat relegius. Atas dasar itu, nilai-nilai ideal Islam sangat memungkinkan untuk dijadikan acuan dalam mengkaji fenomena kependidikan. Ketiga, dengan menjadikan Islam sebagai paradigma, maka keberadaan ilmu pendidikan memilih ruh yang dapat menggerakkan kehidupan spiritual dan kehidupan yang hakiki. Tanpa ruh ini berarti pendidikan telah kehilangan ideologinya. Dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam itu juga dipengaruhi oleh pemikiran para tokoh yang mana eksistensinya para tokoh pendidikan abad 20 banyak memberikan konstribusi yang sangat besar bagi kemajuan dunia pendidikan Islam itu sendiri. salah satu tokoh tersebut adalah Abu Al A'la Al Maududi. Oleh sebab itu penulis tertarik melakukan studi tentang pendidikan Islam dalam perspektif Abu Al A'la Al Maududi. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian iniadalah (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam dalam perspektif Abu Al A'la Al Maududi? (2) Apakah konsep pendidikan Islam menurut Abu Al A'la Al Maududi ini masih relevan untuk diaplikasikan di zaman sekarang? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library research yang bertujuan mengumpulkan data-data dan informasi mengenai konsep pendidikan Abu Al A'la Al Maududi. Dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode dokumenter. Sedangkan sumber data diperoleh dari buku pokok tentang Abu Al A'la Al Maududi, serta buku-buku yang berhubungan dengan Abu Al A'la Al Maududi. Adapun teknik analisa datar.ya menggunakan analisis isi (content analysis) dengan metode deduktif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu empunyai nilai yamng sangat penting sekali dalam pandangan Islam. Sementara Abu Al A'la Al Maududi juga menganggap penting peran pendidikan itu. Hal ini terbukti dalam konsepnya yang meliputi empat komponen yaitu, konsep manusia, konsep pendidikan, kurikulum pendidikan, peserta didik dan pendidik serta konsep pendidikan Abu Al A'la Al Maududi ini masih sangat relevan sekali untuk diaplikasikan di zaman sekarang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||||
Keywords: | Konsep pendidikan Islam; Abu Al A'la Al Maududi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2019 07:55 | ||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2019 07:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36363 |
Actions (login required)
View Item |