This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Isnayni, Nia Fitri Andri (2019) Representasi syukur dalam iklan Ramadhan: analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada iklan "selalu bersyukur". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nia Fitri Andri Isnayni_B76215095.pdf Download (3MB) |
Abstract
Iklan Ramadhan, sebagaimana iklan pada umumnya, merupakan bentuk komunikasi. Pesan yang ingin disampaikan melalui iklan Ramadhan beraneka ragam, salah satunya adalah pesan untuk bersyukur. Bersyukur dalam Islam tidak terbatas pada ucapan Alhamdulillah. Terdapat tiga macam syukur berdasarkan wilayah nampaknya, yaitu syukur dengan hati (bi qolbi), syukur dengan lisan (bi lisan) dan syukur dengan anggota tubuh (bi jawarih) Dalam penelitian ini dikaji bagaimana syukur direpresentasikan dalam iklan Ramadhan “Selalu Bersyukur”? Iklan tersebut adalah iklan Ramadhan dari brand kosmetik Wardah yang tayang pada periode Ramadhan 2019. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian analisis teks media dengan semiotika sebagai metode analisisnya. Model semiotika yang digunakan dalam penelitian ini adalah model semiotika Charles Sanders Peirce. Setelah dilakukan analisis data terhadap scene-scene iklan “Selalu Bersyukur” yang merepresentasikan syukur, maka diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) perempuan sebagai pihak yang harus bersyukur, (2) kekurangan tidak menjadi alasan untuk tidak bersyukur, dan (3) kecantikan dalam hati terpancar ketika seseorang selalu bersyukur.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi Iklan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Isnayni Nia Fitri Andri | ||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:12 | ||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:12 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36368 |
Actions (login required)
View Item |