Pelaksanaan zakat hasil pertanian di Kepulauan Gili Raja Desa Banmaleng Kecamatan Gili Genting Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nofianti, Rica (2019) Pelaksanaan zakat hasil pertanian di Kepulauan Gili Raja Desa Banmaleng Kecamatan Gili Genting Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rica Nofianti_C87215032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pelaksanaan Zakat Hasil Pertanian dikepulauan Gili Raja Desa Banmaleng Kecamatan Gili genting Kabupaten Sumenep”. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab Rumusan Masalah antaranya 1. Bagaimana Pelaksanaan Zakat Hasil Pertanian Dikepulauan Gili Raja Desa Banmaleng Kecamatan Gili genting Kabupaten Sumenep? 2. Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Zakat Hasil Pertanian Dikepulauan Gili Raja Desa Banmaleng Kecamatan Gili Genting Kabupaten Sumenep? Metodelogi penelitian yang di gunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu masyarakat Desa Banmaleng, tokoh agama dan mustahik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pelaksanaan zakat hasil pertanian di Kepulauan Gili Raja Desa Banmaleng Kecamatan Gili Genting Kabupaten Sumenep belum sesuai dengan syari’at Islam, dalam praktek pelaksanaan dan perhitungannya masyarakat Desa Banmaleng masih kurang mengerti tentang nisab, haul, dan pendistribusian zakatnya. Dan untuk faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam pelaksanaan zakat hasil pertaniannya mereka melihat pemngaruh lingkungan, (adat istiadat), keagamaan serta keperdulian, dan dilaksanakanlah zakat hasil pertanian tersebut oleh masyarakat Desa Banmaleng. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas agar para pemuda pemudi di masyarakat yang berpendidikan sampai di S1 atau pun tokoh agama dan Kepala Desa agar diadakannya penyuluhan atau sosialisasi tentang zakat, seminar tentang zakat bagi anak-anak remaja agar di masa depan dapat memberi pengetahuan dengan begitu akan ada perkembangan dan membawa perubahan kesejahteraan di masa derpan, mengajak para masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam bimbingan pengetahuan perihal zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nofianti, Ricaricanofianti211218@gmail.comC87215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id198209052015031002
Subjects: Pertanian
Zakat
Keywords: Zakat; Hasil Pertanian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nofianti Rica
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:55
Last Modified: 07 Jan 2020 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36382

Actions (login required)

View Item View Item