INTENSITAS KINERJA GURU PAI YANG TERSERTIFIKASI DI SMP MUHAMMADIYAH 19 SEKARAN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mualidah, Izzatul (2015) INTENSITAS KINERJA GURU PAI YANG TERSERTIFIKASI DI SMP MUHAMMADIYAH 19 SEKARAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Intensitas Kinerja Guru PAI Yang Tersertifikasi DiSMP Muhammadiyah 19 Sekaran Lamongan dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana kinerja guru selama ini di SMP Muhammadiyah 19 Sekaran Lamongan?, (2) Bagaimana intensitas kinerja guru PAI yang telah disertifikasi di SMP Muhammadiyah 19 Sekaran Lamonan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumenstasi. Kemudian data dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian.
Sertifikasi mengandung arti suatu proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan tertentu, yaitu memiliki kualifikasi akademik kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang dibarengi peningkatan kesejahteraan yang layak. Jadi sebaik apapun sistem yang dipakai tanpa ditunjang dengan adanya kualitas guru yang memadai sulit kiranya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan akan terwujud.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan intensitas kinerja guru PAI yang tersertifikasi di SMP Muhamamdiyah 19 Sekaran Lamongan yang telah dipersiapkan kompetensi-kompetensi personal guu, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dari keempata kompetensi tersebut penilaiannya dilakukan dengan cara melakukan kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan semester yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru PAI yang signifikan antara yang sebelum dan sesudah sertifikasi, oleh karena itu adanya perbedaan hasil belajar tersebut maka diartikan bahwa ada peningkatan intensitas kinerja guru PAI yang tersertifikasi di SMP Muhammadiyah 19 Sekaran Lamongan.

Kata Kunci: intensitas kineraja guru, program sertifikasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mualidah, IzzatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Keywords: Intensitas Kineraja Guru, Program Sertifikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 19 Jan 2016 13:49
Last Modified: 19 Jan 2016 13:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item