الصراع الاجتماعي في الرواية "ماجدولين" لألفونس كار التي ترجمها مصطفى لطفي المنفلوطي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumantri, Adelia Putri (2019) الصراع الاجتماعي في الرواية "ماجدولين" لألفونس كار التي ترجمها مصطفى لطفي المنفلوطي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Putri Sumantri_A91216059_Bahasa dan Sastra Arab.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk (1) meneliti isi dari novel Magdalena karya Alphonse Karr terjemahan dari Mustafa Luthfi al-Manfaluthi (2) bentuk-bentuk konflik sosial dan (3) penyebab terjadinya konflik sosial tersebut. Konflik ialah perselisihan antara dua orang atau lebih, baik secara individu maupun kelompok, yang kedua belah pihak memiliki keinginan atau pendapat masing-masing yang saling menjatuhkan atau menyisihkan. Konflik sosial yang terdapat dalam novel Magdalena karya Alphonse Karr terjemahan dari Mustafa Luthfi al-Manfaluthi sangat menarik untuk diteliti, karena konflik sosial tersebut muncul dari kisah cinta antara Magdalena dengan Stevan yang berakhir tragis. Peneliti memilih novel terjemahan milik Mustafa Luthfi al-Manfaluthi, karena bahasa yang digunakan dalam novel ini padat dan jelas, sehingga mudah untuk dipahami dan diteliti. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apa isi dari novel Magdalena karya Alphonse Karr terjemahan Mustafa Luthfi al-Manfaluthi (2) untuk mengetahui bagaimana bentuk konflik sosial (3) untuk mengetahui penyebab terjadinya konflik sosial tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif adalah memaparkan atau mendeskripsikan data yang berupa kata-kata atau gambar secara cermat. Sedangkan kualitatif adalah menginterpretasikan data-data yang sudah ditemukan, kemudian data tersebut di kualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini, novel Magdalena menceritakan tentang sebuah kisah cinta antara Magdalena dengan Stevan. Namun kisah cinta diantara mereka berakhir, karena Magdalena lebih memilih Edward yang memiliki banyak harta. Tetapi pilihan Magdalena tersebut mengakibatkan ia menjadi sengsara hingga akhirnya ia meninggal dengan menceburkan dirinya kedalam sungai. Dalam penelitian ini ditemukan 22 data bentuk konflik sosial. Dan konflik sosial dibagi menjadi 2 macam yaitu konflik antar tokoh dan konflik antar tokoh dengan keluarga. Selain itu dalam penelitian ini juga menemukan 4 penyebab dari konflik sosial dalam novel ini, yaitu perbedaan pendapat, perekonomian, perselingkuhan, dan kesalahpahaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumantri, Adelia Putriadeliap349@gmail.comA91216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, JuwairiyahUNSPECIFIED195408291979032001
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Konflik sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Adelia Putri Sumantri
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:29
Last Modified: 31 Dec 2019 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36447

Actions (login required)

View Item View Item