Pesan dakwah dalam lirik lagu "Bersyukurlah" Fatin Shidqia Lubis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Miftakhul Nur (2019) Pesan dakwah dalam lirik lagu "Bersyukurlah" Fatin Shidqia Lubis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MIFTAKHUL NUR HIDAYAH_B91216067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lirik lagu Bersyukurlah adalah suatu lirik lagu ciptaan Aldi Nada Permana yang dirilis dan dinyanyikan oleh Fatin Shidqia Lubis. Penelitian ini mengkaji pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu “Bersyukurlah” Fatin Shidqia Lubis. Ada satu rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini: Pesan dakwah apa saja yang terdapat dalam lirik lagu “Bersyukurlah” Fatin Shidqia Lubis? Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi dan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yaitu, tanda, objek, dan interpretant. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: Pertama, pesan dakwah akidah yaitu, adanya pernyataan menyakini bahwa setiap anugerah dari Allah SWT. Kedua, pesan dakwah akhlak yaitu akhlak terhadap Allah SWT dan akhlak terhadap sesama manusia, indikator yang termasuk seperti, bersyukur dengan berbagi rezeki, berdzikir, ibadah, berkarya, ajakan atau anjuran bersyukur kepada Allah SWT, larangan melupakan Allah SWT, larangan berbangga diri, dan bersifat rendah hati sebagai wujud syukur. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya agar bisa mengembangkan lebih mendalam tentang pesan dakwah dalam lirik lagu menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce.
Kata Kunci : Pesan Dakwah, Lirik Lagu Bersyukurlah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Miftakhul Nurhidayahmiftakhulnur@gmail.comB91216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah196512171997031002UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah, Lirik Lagu Bersyukurlah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miftakhul Nur Hidayah
Date Deposited: 31 Dec 2019 03:49
Last Modified: 31 Dec 2019 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36567

Actions (login required)

View Item View Item