Kompetisi Politik Antar Aktor Lokal Pada Pilkada Kabupaten Bangkalan Tahun 2018: studi Kasus Di Desa Alang-Alang Kecamatan Trageh Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosi, Fathor (2019) Kompetisi Politik Antar Aktor Lokal Pada Pilkada Kabupaten Bangkalan Tahun 2018: studi Kasus Di Desa Alang-Alang Kecamatan Trageh Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathor Rosi_E04213026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya elite lokal baru sebagai aktor politik di Desa Alang-Alang, yakni kelompok Pemuda yang ikut serta meramaikan persaingan politik bersama kelompok Kiai dan kelompok Blater dalam konteks Pilkada Kabupaten Bangkalan tahun 2018. Ketiga aktor ini pun mengupayakan memenangkan masing-masing paslon. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana dinamika persaingan antar aktor dalam Pilkada Kabupaten Bangkalan tahun 2018 di Desa Alang-Alang dan bagaimana model tindakan masing-masing elite lokal dalam memenangkan pasangan calon dukungannya pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangkalan 2018 di Desa Alang-Alang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika persaingan antar aktor dalam Pilkada Kabupaten Bangkalan tahun 2018 di Desa Alang-Alang dan memahami model tindakan masing-masing elite lokal dalam memenangkan pasangan calon dukungannya pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bangkalan 2018 di Desa Alang-Alang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, dengan data yang peroleh dari sumber primer dan dilengkapi dengan sumber sekunder. Data primer tersebut didikumpulkan melalui teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan dokumentasi yang kemudian diseleksi dan dikonfirmasi menggunakan teknik analisis data triangulasi sumber. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori tindakan sosial perspektif Max Weber yang secara umum mengurai tindakan sosial manusia menjadi tiga jenis, emliputi tindakan rasional berbasis rasionalitas instrumental, rasionalitas nilai, dan rasionalitas afektif. Temuan yang diperoleh adalah: Pertama, dinamika persaingan antar aktor dalam Pilkada Kabupaten Bangkalan tahun 2018 di Desa Alang-Alang berlangsung ketat, terutama antara kelompok Pemuda dengan kelompok Blater, yang diwarnai tindakan intimidasi oleh kelompok Blater kepada kelompok Pemuda. Kedua, tindakan masing-masing aktor tersebut merupakan tindakan rasional dengan klasifikasi: tindakan rasional instrumental bagi kelompok Pemuda yang menginginkan perubahan Kabupaten Bangkalan ke arah yang lebih baik dengan mengganti rezim Ra Fuad yang selama ini berkuasa, tindakan rasional instrumental bagi kelompok Blater yang menginginkan rezim Ra Fuad tetap berkuasa melalui paslon nomor 3 dengan tujuan mempertahankan status quo, dan tindakan rasional nilai bagi kelompok Kiai yang menginginkan Kabupaten Bangkalan dipimpin oleh paslon nomor 2 karena dirasa sesuai dengan kriteria kepemimpinan sebagaimana diajarkan dalam Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosi, Fathorpaulrosi43@gmail.comE04213026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBariroh, Laililbariroh.20@gmail.com197711032009122002
Subjects: Politik
Keywords: Persaingan Politik Lokal; Rasional Instrumental; Rasional Nilai
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Fathor Rosi
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:50
Last Modified: 02 Jan 2020 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36682

Actions (login required)

View Item View Item