Pesan Dakwah "Larangan Mendekati Zina" pada Akun Instagram @bagasmaulanasakti (Analisis Framing)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitarani, Mei (2019) Pesan Dakwah "Larangan Mendekati Zina" pada Akun Instagram @bagasmaulanasakti (Analisis Framing). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mei Puspitarani_B91216066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana Bagas Maulana Sakti dalam mem-framing pesan dakwah tentang larangan mendekati zina melalui video yang diunggah pada akun Instagram miliknya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian analisis teks media framing model Robert N. Entman yang memiliki empat dimensi analisis yaitu define problem, diagnose causes, make moral judgment, dan treatment recommendation.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu dalam mem-framing pesan dakwah tentang larangan mendekati zina dalam video yang diunggah pada akun Instagram @bagasmaulanasakti, Bagas Maulana Sakti dipengaruhi oleh aspek sosiologis dan kultural, dimana kedua aspek tersebut berhubungan dalam proses seleksi isu dan penonjolan aspek tertentu. Penonjolan tersebut dapat dimaknai sebagai upaya menyuguhkan pada khalayak tentang suatu pandangan tertentu, bahwa Bagas Maulana Sakti sangat menentang tindakan pergaulan bebas dan dengan video tersebut ia memiliki tujuan untuk memberikan kesadaran atau himbauan kepada anak-anak muda agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas atau perilaku zina.Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, peneliti dapat menggunakan teori cyber media atau mass media serta teori dakwah yang lain untuk melihat sejauh mana perkembangan dakwah di era perkembangan teknologi saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitarani, Meimeipuspitarani100@gmail.comB91216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, AbdullahUNSPECIFIED196512171997031002
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Larangan Mendekati Zina; Instagram; Framing Robert N. Entman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mei Puspitarani
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:26
Last Modified: 02 Jan 2020 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36741

Actions (login required)

View Item View Item