Pandangan Pelaku Tarekat Siddiqiyah Terhadap Ideologi Negara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wirdiyana, Fatrah (2019) Pandangan Pelaku Tarekat Siddiqiyah Terhadap Ideologi Negara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatrah Wirdiyana_E21215061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang pandangan pelaku tarekat yang memiliki ajaran kerohanian Islam tetapi juga memiliki pandangan nasionalisme yang tinggi dalam menjaga persaudaraan sesama manusia dan membangun kesadaran bernegara. Tarekat Ṣiddīqīyah hadir sebagai salah satu organisasi keagamaan yang mendasarkan “Cintai Tanah Air” sebagai visi paham keagamaannya, juga berusaha merespon isu keislaman seperti paham Transnasionalis yang memperjuangkan ideologi negara Islam. Paham transnasioanalis seperti HTI berusaha mengganti sistem pemerintahan demokrasi menjadi sistem khilafah. Menurut tarekat Ṣiddīqīyah dasar negara Indonesia yakni Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sudah mencantumkan asas bernegara yang sesuai dengan Islam. Negara kesatuan berbentuk republik adalah bentuk paling ideal yang diridhoi Allah SWT dan merupakan karunia besar dari Allah SWT yang diilhamkan kepada para pendiri NKRI saat merumuskan cita-cita kolektif negara Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data berupa kajian literatur dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan teori nation state.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wirdiyana, Fatrahfatrahwirdiyana@gmail.comE21215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
UNSPECIFIEDNur Hidayat Wakhid, UdinUNSPECIFIED198011262011011004
Subjects: Ideologi Islam
Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fatra Wirdiyana
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:09
Last Modified: 03 Jan 2020 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36763

Actions (login required)

View Item View Item