الكلام الإنشائي الطلبي في سيرة عمر بن الخطاب في كتاب "خلفاء الرسول" لخالد محمد خالد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wildayati, Wildayati (2019) الكلام الإنشائي الطلبي في سيرة عمر بن الخطاب في كتاب "خلفاء الرسول" لخالد محمد خالد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildayati_A91216155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam ilmu Balaghah, Kalam insya’i adalah kalam yang pembicaraanya tidak bisa disebut sebagai orang yang dusta atau sebagai orang yang benar. Kalam insya’i terbagi menjadi dua bagian, yaitu kalam insya’I thalaby dan ghairu thalabi. kalam insya’I thalaby adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi pada waktu kalimat itu diucapkan. Adapun pentingnya kalam insya’I thalaby yaitu dapat mengetahui kalimat-kalimat yang diucapkan oleh seseorang dan makna-makna dari kalimat atau ucapan tersebut.Objek dalam penelitian ini kisah Umar bin Khatab dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa macam-macam kalam insya’I thalaby dalam kisah Umar bin Khatab dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid, dan apa makna-makna kalam insya’I thalaby dalam kisah Umar bin Khatab dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid.Metode yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisa stilistika (balaghah). Penggunaan metode tersebut adalah bertujuan agar menemukan unsur-unsur stilistika yang terdapat dalam kalam insya’I thalaby dalam kisah Umar bin Khatab dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid.Hasil kalam insya’I thalaby dalam kisah Umar bin Khatab dalam kitab Khulafaur Rosul karya Khalid Muhammad Khalid antara lain : Amr (Perintah) terdapat 10 kata dengan 10 makna haqiqi. Nahi (Larangan) terdapat 3 kata 3 makna ghairu haqiqi, Istifham (Pertanyaan) terdapat 7 kata dengan 5 makna haqiqi dan 2 makna ghairu haqiqi. Tamnny (angan-angan) terdapat 1 kata dengan 1 makna haqiqi. Nida’ (Panggilan) terdapat 10 kata 3 makna haqiqi dan 7 makna ghairu haqiqi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wildayati, Wildayatiwildayt11@gmail.comA91216155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherEfendi, Nasikul MustofaUNSPECIFIED198610052007101004
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Kalam Insya’I Thalabiy dalam kisah Umar bin Khatab dalam kitab “Khulafaur Rosul” karya Khalid Muhammad Khalid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Wildayati Wildayati
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:21
Last Modified: 02 Jan 2020 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36770

Actions (login required)

View Item View Item