Strategi pengembangan program kerja di masjid Agung Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shoffa, Amrita Khus (2019) Strategi pengembangan program kerja di masjid Agung Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amrita Khus Shoffa_B94216070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada dua rumusan
masalah, yakni bagaimana strategi pengembangan program kerja di Masjid Agung Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik? dan bagaimana implementasi strategi pengembangan program kerja di Masjid Agung Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik? Metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketua masjid, kepala bidang idarah, dan kepala bidang riayah. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif grounded theory menurut Jhon W. Creswell. Analisis ini menggunakan beberapa tahapan, yakni deskripsi secara detail, coding, kategorisasi, dan analisis atau penafsiran. Dalam penelitian ini, penulis berusaha untuk mengetahui strategi pengembangan program kerja di Masjid Agung Syekh Maulana Malik Ibrahim. Peneliti menggunakan beberapa teori yang berkaitan dengan masalah tersebut, yaitu teori program kerja dari Rudy dan Riyanto, dan teori tentang strategi dari Chandler. Hasil temuan dari penelitian ini adalah strategi penngembangan program yang dilakukan oleh Masjid Agung adalah memunculkan program-program baru untuk mendukung kesuksesan pengembangan program-program yang lain sesuai tujuan Masjid. Program kerja yang dikembangkan sholat berjamaah, pengajian rutin mingguan, pengajian rutin harian, sholat jum’at, hari besar Islam, bakti sosial, romadhon mabruk, maulud fair, santunan anak yatim, pembinaan muallaf, serta perayaan idul fitri dan idul adha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shoffa, Amrita KhusAmritakhusshoffa23@gmail.comB94216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif AinurUNSPECIFIED197708082007101004
Subjects: Manajemen Dakwah
Masjid
Keywords: Strategi; Pengembangan Program; Program Kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Amrita Amrita Amrita Khus Shoffa
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:02
Last Modified: 02 Jan 2020 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36785

Actions (login required)

View Item View Item