TANMIYAH MAHAARAH AL ISTIMAA' BI THARIIQAH AL SAM'IYYAH AL BASHARIYAH LI THALABAH AL SANAH AL SAABIAH BI MADRASAH AL MUTAWASITHAH DEWANTARA SIMOKALANGAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavianto, Ervan (2015) TANMIYAH MAHAARAH AL ISTIMAA' BI THARIIQAH AL SAM'IYYAH AL BASHARIYAH LI THALABAH AL SANAH AL SAABIAH BI MADRASAH AL MUTAWASITHAH DEWANTARA SIMOKALANGAN SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mempelajari sebuah bahasa dimulai dari mendengar, lalu berbicara, kemudian membaca dan menulis. Itu sebabya, kemampuan mendengar menjadi kemampuan dasar untuk mendapatkan ketiga kemampuan lainnya. Untuk para guru seharusnya menaruh perhatian lebih untuk kemampuan ini, karena beberapa penggiat pendidikan bahasa arab tidak menyadari pentingnya sebuah media dalam proses pembelajaran, dan beberapa guru menggunakan media yang tidak sesuai dengan kondisi pelajar.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah minimnya tingkat ketertarikan murid dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab dengan anggapan betapa sulitnya mempelajari bahasa ini dan pelajaran ini membosankan dan juga ketidakefektifan dari metode yang digunakan. Metode audiovisual adalah salah satu metode modern yang mempunyai peran penting dalam memberikan semangat untuk para murid dalam belajar bahasa arab dan menghilangkan rasa bosan mereka terhadap pelajaran ini.
Hipotesa penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran bahasa arab khususnya dalam kemampuan mendengar setelah menggunakan metode audiovisual lebih besar daripada sebelum menggunakannya. Metode ini benar-benar efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa dalam pelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode ini pada siswa kelas 7 di SMP Dewantara dan mengetahui apakah metode ini bisa meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa arab, dan juga untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode ini dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 7 A SMP Dewantara yang berjumlah 35 siswa. Ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan dalam menganalisa datanya.
Hasil dari penelitian antara lain: 1) nilai kemampuan mendengar siswa tanpa menggunakan metode ini adalah “cukup” dengan rata-rata 31, dan 2) nilai kemampuan mendengar siswa dengan menggunakan metode ini adalah “baik sekali” dengan rata-rata 64,9 sedangkan, 3) efektifitas penggunaan metode ini ditunjukkan oleh hasil tes-T yang mencapai 11,672, hasil ini lebih besar dari nilai tabel T 5% yaitu 2,045.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Imam Ghazali Said
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavianto, ErvanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; Audiovisual; Pendengaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:54
Last Modified: 21 Jan 2016 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3713

Actions (login required)

View Item View Item