أنواع الخبر في كتاب المبادئ الفقهية الجزء الثاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariyah, Iqlimah Fikhoiril (2019) أنواع الخبر في كتاب المبادئ الفقهية الجزء الثاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqlimah Fikhoiril Bariyah_A01216024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Macam-macam Khabar dalam Kitab Mabadi’ Fiqih Juz dua

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an, A-Qur’an adalah kalam Allah uang di turunkan kepada Nabi Muhammad sebagai berita dan kabar gembira bagi kaum muslim di seluruh dunia. Bahasa Arab juga merupakan bahasa para Sahabat Nabi. Yang telah sampai pada kita di antaranya kitab-kitab Fiqih yang di tulis dengan bahasa Arab. Kitab Mabadi’ Fiqh merupakan kitab bermadzhab Imam Syafi’i, Karangan Ustadz Umar Abdul Jabbar. Kitab ini membahas hukum-hukum agama ibadah sehari-hari, yaitu : thaharah, shalat, puasa, zakat, haji, dan lain sebagainnya. Khabar merupakan bagian dari pembahasan ilmu nahwu. Khabar adalah isim ang dibaca rafa’ dan disandarkan kepada mubtada’ sehngga menjadi kalimat yang sempurna. Khabar terdiri dari khabar mufrod dan khabar ghoiru mufrod, yaitu : khabar jumlah fi’liyah, khabar jumlah ismiyah dan khabar syibhul jumlah. Berdasarkan hal ini peneliti tertarik mengkaji kitab Mabadi’ Fiqh dari segi Nahwu, yaitu macam-macam khabar. Mengenai kesinambungan ilmu nahwu terhadap kitab-kitab berbahasa Arab sangat penting untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat tentang susunan kalimat seperti mubtada’ khabar, fi’il fa’il, maf’ul atau dhamir yang kembali pada fi’il dan lain-lain. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, yaitu khabar dalam kitab Mabadi’ Fiqh ada 85 khabar, swdangkan macam-macam khabar yang terdapat dalam kitab Mabadi’ Fiqh yaitu khabar mufrod sebanyak 42. Khabar jumlah ismiyah sebanyak 24. Khabar jumlah fi’liyah 14. Dan khabar syibhul jumlah sebanyak 36.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariyah, Iqlimah FikhoirilIqlimahfikhoiril@gmail.comA01216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id196307291998031001
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Khabar; Kitab Mabadi’ Fiqih
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Iqlimah Fikhoiril Bariyah
Date Deposited: 03 Jan 2020 01:26
Last Modified: 03 Jan 2020 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37898

Actions (login required)

View Item View Item