Analisis Sadd Al-Dhari’ah Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa Sawit Di Desa Sumber Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raharjo, Tri (2019) Analisis Sadd Al-Dhari’ah Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa Sawit Di Desa Sumber Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Tri Raharjo_C92214134.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik jual beli kelapa sawit di Desa Sumber Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu dan analisis Sadd iAl-Dhari’ah terhadap praktik jual beli tersebut. Teknik pengumpulan terhadap data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu diolah dan dianalisis dengan metode deskriptif analisis dalam menyajikan data tentang praktik jual beli kelapa sawit di Desa Sumber Mulya dan menggunakan analisis Sadd iAl-Dhari’ah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik jual beli kelapa sawit di Desa Sumber Mulya dengan sistem kontan dan non kontan merupakan sah karena telah memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli. Namun dalam praktik jual beli kelapa sawit di Desa Sumber Mulya dengan sistem kontan ternyata menimbulkan dampak kerusakan kepada masyarakat khususnya para petani kelapa sawit. Dampak kerusakan itu adalah maraknya pencurian kelapa sawit di kebun para petani sehingga sangat merugikan para petani yang hanya menggantungkan kebutuhan sehari-hari dari penghasilan panen kelapa sawit milik mereka. Menurut analisis Sadd iAl-Dhari’ah maka jual beli kelapa sawit dengan sistem kontan di Desa Sumber Mulya lebih utama dijauhi dan dihindari demi menolak kemafsadatan yang timbul akibat praktik jual beli tersebut sesuai dengan kaidah Sadd iAl-Dhari’ah bahwa menolak keburukan (mafsadah) lebih diutamanakn daripada meraih kebaikan (maslahah). Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan kepada penjual (petani) dan pembeli (tengkulak) untuk menghindari praktik jual beli kelapa sawit dengan sistem kontan mengingat dampak yang ditimbulkan sangat meresahkan dan merugikan para petani kelapa sawit karena dengan menolak keburukan maka otomatis telah meraih kebaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raharjo, Trimrrahardjoe@gmail.comC92214134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, MohammadUNSPECIFIED197001182002121001
Subjects: Hukum Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Sadd iAl-Dhari’ah; kelapa Sawit; Jual beli.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Raharjo Tri
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:03
Last Modified: 02 Jan 2020 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37926

Actions (login required)

View Item View Item