Hipokrit menurut ajaran Islam: studi Hadis Sunan Abu Dawud tentang Orang Bermuka Dua No Indeks 4873

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyanti, Dewanti Nur (2019) Hipokrit menurut ajaran Islam: studi Hadis Sunan Abu Dawud tentang Orang Bermuka Dua No Indeks 4873. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewanti Nur Cahyanti_E05216007.pdf

Download (785kB)

Abstract

Dunia bagaikan panggung sandiwara dimana banyak karakter yang tertanam didiri manusia tersebut. Semisal, orang bermuka dua bagaikan musuh dalam selimut, ia tidak pernah konsisten dalam perkataannya. Oleh sebab itu penulis akan meneliti permasalahan ini dengan judul Hipokrit Menurut Ajaran Islam (Studi Hadis Sunan Abu Dawud Tentang Orang Bermuka Dua No Indeks 4873).Dengan memiliki dua rumusan masalah yaitu. Pertama, Bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis tentang orang bermuka dua no indeks 4873.kedua, Bagaimana implikasi Hipokrit menurut ajaran islam (Studi hadis sunan Abu Dawud tentang orang bermuka dua No Indeks 4873).Dapat dilihat orang bermuka dua ialah musuh dalam selimut. Metode yang digunakan ialah takhrijul dan i'tibar. Dapar dilihat dari tahrijul hadis diantaranya:Sunan Abu Dawud, Ibnu Abi Syaibah dan Shahih Ibnu Hibban. Dapat dilihat dari i'tibarnya Amr bin Yasir adalah salah satu sahabat nabi yang meriwayatkan hadis ini. Namun ada perawi yang berstatus muttabi. Terdapat pada sanad ke lima yaitu Abu Bakar ibnu abi Syaibah,dan terdapat juga pada sabad ke enam yaitu Abu Ya'la. Dan dalam pelambangan perawi ini menggunakan "An" yang berarti dhaif namun karena perawi ini termasuk mudalis yang memenuhi persyratan hadis shahih sanadnya bersambung tidak ditemukan syadz, termasuk perawi yang dhabit dan adil. Maka hadis ini dibuktikan termasuk hadis shahih lidzatihi yang mana dapat dijadikan hujjah karena telah memenuhi syarat maqbul ma'mulun bih, hadis ini yang dapat diterima dan juga diamalkan. Maka dari hadis ini todak bertentangan dengan penilian keshahihan hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyanti, Dewanti Nurdedewanticahyanti09@gmail.comE05216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorIlmiyah, DzakirotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hipokrit; Orang Bermuka Dua
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: dewanti dewanti cahyanti
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:30
Last Modified: 03 Jan 2020 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37941

Actions (login required)

View Item View Item