Maskulinitas dalam al-Quran; telaah terhadap diksi laki-laki dalam al-Quran perspektif teori Tartib Nuzul

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Nurul (2019) Maskulinitas dalam al-Quran; telaah terhadap diksi laki-laki dalam al-Quran perspektif teori Tartib Nuzul. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izzah_E93216146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Alquran yang dominan maskulin khususnya pada penggunaan khitab, yang kemudian berimplikasi terhadap pembacaan Alquran(tafsir), hal ini dianggap sebagai bias gender. Dampak tersebut melahirkan legitimasi-legitimasi otoritatif yang tidak mensetarakan laki-laki dan perempuan. karna sumber yang umum bagi teori dan praktik hierarki gender adalah berasal dari ketentuan hukum dan sosial yang bermuara pada penafsiran Alquran. Fokus pembahasan pada penelitian ini adalah terkait penggunaan diksi laki-laki yang lebih dominan dari pada feminin dalam Alquran. Maka dalam penelitian ini berusaha mencari makna maksud Alquran dibalik fisiknya yang didominasi maskulin dengan menggunakan teori tartib nuzul. Di mana dengan teori tartib nuzul penulis dapat melihat mengenai pergeseran mkana maupun pergeseran penggunaan diksi dari fase Makkah dan fase Madinah. Point yag didapatkan dalam penelitian ini ialah penggunaan khitab maskulin yang secara otomatis melibatkan perempuan di dalamnya bukan berarti Alquran lebih berpihak kepada laki-laki, keterlibatan perempuan di dalam penggunaan khitab laki-laki justru menjadi bentuk pertimbangan bagi perempuan. dan Alquran tidak sepenuhnya mengikuti kaidah bahasa Arab yang lebih dulu ada ini karna dalam beberapa ayat Alquran juga menampilkan khitab feminin yang melibatkan laki-laki di dalamnya, bahkan memperjelas khitab laki-laki dan perempuan hal ini sebagai indikasi bahwa Alquran tidak berat sebelah dalam memandang laki-laki dan perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, NurulIzzahnurul340@gmail.comE93216146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, MutamakkinUNSPECIFIED1977092009011007
Thesis advisorYardho, MohUNSPECIFIED198506102015031006
Subjects: Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Maskulinitas; Tafsir; Teori Tartib Nuzul
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:47
Last Modified: 02 Jan 2020 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37997

Actions (login required)

View Item View Item