Ujaran Kebencian dalam Ceramah Habib Bahar bin Smith di Media Sosial YouTube Perspektif Neopragmatisme Richard Rorty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmatin, Rizky Nur Lilis (2019) Ujaran Kebencian dalam Ceramah Habib Bahar bin Smith di Media Sosial YouTube Perspektif Neopragmatisme Richard Rorty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizkynurlilis_E91215040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti ujaran kebencian dalam ceramah Habib Bahar bin Smith yang beredar di media sosial youtube. Bermula pada saat ceramah yang disampaikan menyebut “Jokowi kayaknya banci” viral di media sosial. Kasus ini kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian oleh komunitas Jokowi Mania dan Cyber Indonesia, laporan tersebut menganggap bahwa orasi atau ceramah yang dilakukan Habib Bahar tersebut mengandung unsur ujaran kebencian dan diskriminasi ras dan etnis. Surat edaran Kapolri menjawab ruang lingkup ujaran kebencian melalui kedudukan surat nomor SE/6/X/2015. Fokus permasalahan pertama, bagaimana ujaran kebencian dalam ceramah Habib Bahar bin Smith di media sosial youtube. Kedua, bagaimana ujaran kebencian dalam ceramah Habib Bahar bin Smith di media sosial youtube perspektif neopragmatisme Richard Rorty. Untuk menjawab penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan library research yang bersifat deskriptif. Jika dipandang dari sudut neopragmatisme Richard Rorty, bahwa secara kebenaran bahasa ceramah tersebut terbukti bersifat mengajak untuk tidak mempercayai janji- janji Presiden terpilih serta mengajak untuk mengawasi kinerja pemerintahan. Namun secara ironi bahwa apa yang diungkapkan dalam ujaran kebencian tersebut tidak semuanya benar, meskipun ada upaya dibalik ceramah Habib Bahar bin Smith untuk menggalang solidaritas berupa mengawasi atau mengkritik janji-janji politik Presiden.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmatin, Rizky Nur Lilisrizkynurlilis18@gmail.comE91215040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno ChoirilLoekisnochoirilwarsito@gmail.com196303271993031004
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto@gmail.com196708201995031001
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Ujaran Kebencian
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: rizky nur lilis
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:48
Last Modified: 03 Jan 2020 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38070

Actions (login required)

View Item View Item