الكلام الإنشائي الطلبي في رواية "الرجل الذي آمن" لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfufah, Rochmatin (2019) الكلام الإنشائي الطلبي في رواية "الرجل الذي آمن" لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ROCHMATIN MASFUFAH_A01216048 ..pdf

Download (1MB)

Abstract

Balaghah merupakan keindahan yang banyak ditemukan dalam syair, novel dan karya sastra lainnya. Ilmu balaghah adalah “suatu ilmu yang berisi teori-teori dan materi yang berkaitan dengan cara-cara menyampaikan ungkapan yang bernilai balaghah”. Dalam ilmu balaghah terdapat tiga cabang ilmu, yaitu ilmu ma’ani, ilmu bayan, dan ilmu badi’. Namun dalam skripsi ini hanya fokus disalah satu cabang ilmu tersebut yaitu ilmu ma’ani. Khususnya dalam teori kalam insya’i tholabi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana bentuk kalam insya’i tholabi dalam novel Arrajul Alladzi Amana karya Najib Kailani? 2. Bagaimana makna kalam insya’i tholabi dalam novel Arrajul Alladzi Amana karya Najib Kailani?.Obyek dalam penelitian ini adalah novel Arrajul Alladzi Amana karya Najib Al Kailani yang bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk kalam insya’i dan juga maknanya yang terdapat dalam novel Arrajul Alladzi Amana. Adapun data dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang mengandung kalam insya’i tholabi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun dari hasil analisis tersebut kalam inya’i tholabi yang terdapat dalam novel Arrajul Alladzi Amana terdiri dari 45 bentuk yang berbeda diantaranya Amr (Perintah) yang terdiri dari 10 bentuk, 3 makna haqiqi dan 7 makna ghoiru haqiqi yaitu makna Al iltimas, Al Irsyad, Al Ta’ajjub, dan makna Al Do’a. Nahi (Larangan) yang terdiri dari 2 bentuk, 1 makna haqiqi dan 1 makna ghoiru haqiqi yaitu makna Al Iinas. Istifham (Pertanyaan) yang terdiri dari 18 bentuk, 13 makna haqiqi dan 5 makna ghoiru haqiqi yaitu makna Al Inkar, Al Isti’nas, dan makna Al Tanbih ‘ala Khotho’. Nida (Seruan) yang terdiri dari 10 bentuk, 6 makna haqiqi dan 4 makna ghoiru haqiqi yaitu makna Attahrir wa Attashjir, Al Zajru, dan mkana Al Nidbah. Tamanni (Harapan) yang terdiri dari 5 bentuk, 1 makna haqiqi dan 3 majazi dan 1 makna Al tarajji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfufah, RochmatinRochmatinmasfufah123@gmail.comA01216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan AkhmadUNSPECIFIED198503142015031003
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Novel Arrajul Alladzi Amana, Kalam Insya’i Tholabi, Najib Al Kailani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rochmatin Masfufah
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:01
Last Modified: 03 Jan 2020 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38096

Actions (login required)

View Item View Item