Semiotika pesan dakwah dalam film munafik 1 dan 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Inayah Arizka (2019) Semiotika pesan dakwah dalam film munafik 1 dan 2. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayah Arizka B01216020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada era informasi saat ini, siapa saja dapat mengakses informasi dengan bebas. Untuk itu, media memiliki peran penting sebagai pembentuk moral agar lebih baik dengan memberikan adanya tayangan yang dapat membentuk moral bagi pemirsanya. Pelaksanaan dakwah Islam tidak hanya bisa dilakukan melalui ceramah agama di masjid, mushola, atau pengajian. Film juga dapat digunakan sebagai media dalam berdakwah. Film merupakan salah satu alat media komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan suatu pesan sosial maupun pesan dakwah kepada khalayak.Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang Penelitian ini pesan dakwah yang ada pada film Munafik 1 dan 2 dan juga makna tanda berdasarkan representamen, objek, dan interpretant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis dengan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk menganalisis pesan dakwah dalam film Munafik 1 dan 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan dokumentasi. Dalam menganalisis yakni terdapat tiga unsur representamen, objek, dan interpretant.Dari penelitian tersebut, peneliti menemukan banyak sekali pesan dakwah dalam film Munafik 1 dan 2 terutama dengan berusaha dan berdoa kepada Allah serta mengimbangi dengan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya niscaya Allah pasti akan mengabulkan doa-doa hambanya. Apabila kita diberi nikmat maka bersyukurlah niscaya Allah juga akan menambah nikmat tersebut. Dalam kaitannya, objek disini terlihat pada gaya bicara, gestur tubuh dan dialog yang muncul sebagai tanda lalu diproses oleh peneliti dan kemudian hasilnya disimpulkan menggunakan bahasa peneliti. Selanjutnya interpretant merupakan interpretasi seseorang tentang tanda. Pada hakikatnya, representamen dan interpretan adalah tanda, hanya saja representamen hadir mendahului interpretant. Interpretant dalam film Munafik 1 dan 2 ini merupakan penafsiran peneliti yang dihasilkan dari representamen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Inayah Arizkainayaharizka488@gmail.comB01216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahtiar, M AnisUNSPECIFIED196912192009011002
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: wulandari inayah arizka
Date Deposited: 03 Jan 2020 01:42
Last Modified: 03 Jan 2020 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38172

Actions (login required)

View Item View Item