Sejarah perjuangan Rifaah Al Tahtawi dan Muhammad Abduh di Mesir Tahun 1831-1905 M: studi komparatif pemikiran pembaharuan pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhibatul, Khoiro (2019) Sejarah perjuangan Rifaah Al Tahtawi dan Muhammad Abduh di Mesir Tahun 1831-1905 M: studi komparatif pemikiran pembaharuan pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhibatul Khoiro_A92215107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Sejarah Perjuangan Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh di Mesir Tahun 1831-1905 M (Studi Komparatif Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam)” membahas permasalahan: (1) Bagaimana biografi Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh? (2) Bagaimana pemikiran Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh tentang pembaharuan Pendidikan Islam? (3) Bagaimana komparasi pemikiran pembaharuan Pendidikan Islam Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh di Mesir Tahun 1831-1905 M? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan beberapa metode penelitian sejarah yang melalui beberapa tahapan yakni Heuristik (pengumpulan data), Kritik (mengkritisi data yang dibagi dua yakni kritik intern dan ekstern), Interpretasi (penafsiran data), dan Historiografi (penulisan sejarah). Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan Historis dan Komparatif, serta teori dari Max Weber tentang esensi modernitas yang menguraikan perubahan dari tradisional ke rasionalitas. Dari penelitian yang dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis adalah: (1) Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh merupakan pelopor pergerakan pembaharuan dalam dunia Islam pada abad 19 di Mesir (2) Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh merupakan seorang intelektual yang banyak menghabiskan waktu dalam hidupnya untuk mengabdikan diri di bidang pendidikan, diantaranya mereka melakukan perubahan-perubahan dalam bidang pendidikan yakni menambahkan ilmu pengetahuan modern ke dalam sekolah-sekolah Islam dan menanamkan pentingnya pendidikan bagi wanita (3) Persamaan pemikiran Rifa’ah Al-Tahtawi dan Muhammad Abduh yakni memunculkan ide yang esensinya terletak pada keharusan mempelajari ilmu-ilmu Barat di samping ilmu-ilmu agama dan memperjuangkan pendidikan wanita Islam modern Mesir agar memperoleh pendidikan yang sama dengan pria, sedang perbedaan mereka terletak pada kegiatan dan pengalaman mereka dalam memperbarui sistem pendidikan umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhibatul, Khoiromukhiba5397@gmail.comA92215107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, RochimahUNSPECIFIED196911041997032002
Subjects: Pemikiran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mukhibatul Khoiro
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:53
Last Modified: 06 Jan 2020 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38224

Actions (login required)

View Item View Item