Kiprah K.H.R. As'ad Syamsul Arifin dalam Muktamar Nahdlatul Ulama ke-27 (1984) di Situbondo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdurahman, Abdurahman (2019) Kiprah K.H.R. As'ad Syamsul Arifin dalam Muktamar Nahdlatul Ulama ke-27 (1984) di Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdurrahman_A92216055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kiprah K.H.R. As’ad Syamsul Arifin dalam Muktamar Nahdlatul Ulama ke-27 (1984) di Situbondo.” Skripsi. Ini terdapat pemersalahan yang dibahas meliputi (1) biografi K.H.R. As’ad Syamsul Arifin, (2) kiprah K.H.R. As’ad Syamsul Arifin dalam perjuangannya melawan penjajahan yang terjadi di Indonesia hingga Muktamar NU ke-27 1984, (3) perkembangan Nahdlatul Ulama yang dipelopori K.H.R. As’ad Syamsul Arifin dalam Muktamar NU ke-27 1984.Metode yang digunakan, yakni deskripsi kualitatif dengan studi kasus Kiprah K.H.R. As’ad Syamsul Arifin dalam Muktamar NU ke-27 (1984) di Situbondo. Sumber data berupa buku-buku tentang sejarah dan perjuangan K.H.R. As’ad Syamsul Arifin. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, wawancara, dan observasi Informan yang dipilih adalah ketua Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, yang merupakan cucu dari K.H.R. As’ad Syamsul Arifin.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa biografi atau perjalanan hidup K.H.R. As’ad Syamsul Arifin penuh dengan perjuangan, melawan penjajahan yang terjadi di Indonesia, Serta proses berdirinya Nahdlatul Ulama. Nahdlatul Ulama adalah organisasi masyarakat yang berdiri pada tahun 1926 di Surabaya, yang mana organisasi ini berasal dari KH. Hasyim Asyari melalui mediator K.H.R. As’ad Syamsul Arifin sebagai penyambung restu dari KH. Muhamaad Kholil Bangkalan. Beberapa hal yang mendasari adanya Muktamar NU ke-27 (1984) dikarenakan NU sudah dimasuki kepentingan politik hingga mengharuskan kembali ke khittoh dan kondisi penerimaan Pancasila sebagai asas tunggal Nengara hingga akhirnya NU menjadi ormas pertama yang menerima Pancasila. Dari perjuangan K.H.R. As’ad Syamsul.Arifin sebagai tokoh dibalik layar terhadap suksesnya Munas Alim Ulama 1983 hingga hasilnya di resmikan dalam Muktamar Nahdlatul Ulama ke-27 (1984) di Situbondo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdurahman, Abdurahmanelqorniuwais@gmail.comA92216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: Nahdlatul Ulama; Muktamar NU; dan Kiprah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Abdurahman Abdurahman
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:12
Last Modified: 11 Feb 2020 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38269

Actions (login required)

View Item View Item