PENGGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MINU MIFTAHUL ULUM TEGALARUM KEDEMUNGAN KEJAYAN PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Masruroh (2014) PENGGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MINU MIFTAHUL ULUM TEGALARUM KEDEMUNGAN KEJAYAN PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa MINU Miftahul Ulum Tegalarum Kedemungan Kejayan Pasuruan tahun 2014 melalui metode simulasi.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V MINU Miftahul Ulum Kedemungan Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) ada peningkatan kemampuan menyimak cerita rakyat setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui metode simulasi . Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menyimak cerita rakyat dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan kemampuan mengyimak cerita rakyat dari rata-rata 61,20 menjadi 68,60 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 44% menjadi 72%. Siklus II terjadi peningkatan kemampuan menyimak cerita rakyat dari rata-rata siklus I yaitu 68,60 menjadi 76,50 dan dari pencapaian KKM 72% menjadi 92%. (2) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan metode simulasi ini adalah: (a) pembentukan kelompok kerja dilakukan oleh siswa sendiri untuk mengatasi kendala kurang membaurnya siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, (b) penggantian model dengan siswa yang jarang tampil di depan kelas untuk mengatasi kendala kurangnya perhatian siswa terhadap model yang ditampilkan, (c) pembelajaran dengan penerapan metode simulasi , (d) penambahan motivasi dari guru untuk mengatasi kendala ketidak beranian siswa untuk memainkan peran.
Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan metode simulasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat di kelas V MI Miftahul Ulum Tegalaarum kedemungan Kejayan Pasuruan tahun 2014

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Liliek Channa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, MasrurohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Metode Simulasi; Menyimak Cerita Rakyat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:31
Last Modified: 22 Jan 2016 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item