Knowledge Management System Aset Intelektual Fakultas Sains Dan Teknologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ishari, Qitvirul Azij (2019) Knowledge Management System Aset Intelektual Fakultas Sains Dan Teknologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qitvirul Azij Ishari_H76215025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Knowledge Management System (KMS) didalamnya meliputi penciptaan knowledge, penyimpanan knowledge, pemindahan knowledge dan pengaplikasian knowledge dalam pengembangan aset intelektual mahasiswa yang efektif dan efesien. Dalam hal itu berdasarkan aspirasi mahasiswa dan observasi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi, aset intelektual mahasiswa yang meliputi produk, karya, inovasi, dan prestasi dari setiap prodi masih perlu ditingkatkan dari segi pengorganisasian. Penelitian ini menerapkan konsep KMS dalam mendokumentasikan aset intelektual mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data aset intelektual yaitu melalui survei, studi pustaka dan interview, sedangkan dalam menerapkan KMS menggunakan model SECI (Socialization, Externalization, Combination, Interlization) dari Nonaka dan Takeuchi. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis KMS dengan fitur forum grup diskusi, arsip prestasi mahasiswa, arsip produk mahasiswa, dan edukasi. Aplikasi berbasis KMS ini layak dan bermanfaat bagi mahasiswa dilihat dari hasil uji lapangan yang mendapatkan nilai interval 86,1% dengan model skala likert untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Dengan adanya Aplikasi berbasis KMS ini diharapkan bisa mengorganisasikan serta sebagai media/sarana untuk penciptaan knowledge, sharing knowledge dan transfer knowledege sehingga aset intelektual mahasiswa dapat meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ishari, Qitvirul Azijvirulishari@gmail.comH76215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAchmad, Teguh Wibowo, MTatw@uinsby.ac.id198810262014031003
Thesis advisorMohammad, Khusnu Milad, M.MTm.milad@uinsby.ac.id197901292014031002
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: Aset Intelektual; Knowledge Management System; Model SECI
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with email virulishari@gmail.com
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:07
Last Modified: 07 Jan 2020 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38299

Actions (login required)

View Item View Item