This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Atikarani, Aini Nur (2015) ANALYSIS OF TEACHER’S ELICITING STAGE OF THEIR USE OF SOCRATIC QUESTIONS DURING THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM 2013 FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 25 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Discourse di kelas terkadang berbeda pada bentuk dan fungsinya dalam bahasa yang digunakan untuk situasi-situasi tertentu karena adanya aturan-aturan sosial yang dimiliki murid dan guru di dalam kelas dan jenis-jenis aktivitas yang mereka lakukan. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap interaksi di kelas adalah pada tahapan eliciting yang dilakukan oleh guru. Hal ini meliputi jenis-jenis pertanyaan yang ditanyakan oleh guru. Peran guru dalam hal menanyakan pertanyaan di kelas adalah hal yang penting untuk dipelajari agar mendapatkan pemahaman yang lebih terhadap bagaimana murid-murid memahami ilmu pengetahuan melalui discourse secara lisan di dalam kelas, terutama penggunaan pertanyaan Socratic. Penelitian ini meliputi analisa discourse di dalam kelas khususnya pada saat eliciting yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan pertanyaan Socratic pada aktivitas kurikulum 2013 khususnya untuk kelas 8F di SMPN 25 Surabaya. Penelitian ini menunjukkan tentang: (1) Apakah tahapan eliciting guru yang menggunakan pertanyaan Socratic pada aktivitas di kurikulum 2013 itu, (2) Langkah-langkah apa yang dilakukan guru saat melakukan eliciting di dalam kelas dengan menggunakan pertanyaan Socratic di aktivitas kurikulum 2013, dan (3) apakah pengaruh dari eliciting yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan pertanyaan Socratic kepada murid-murid itu. Penelitian ini menggunakan analisa discourse di dalam kelas dalam bentuk penjabaran/diskripsi qualitatif yang berfokus pada struktur IRF (Initiation Response Feedback) yang telah dibuat oleh Sinclair dan Coulthard.
Penelitian ini menggunakan bentuk observasi pada interaksi guru dan murid di dalam kelas, interview pada pendapat guru dan menggunakan questionnaire kepada murid untuk mendapatkan pengaruh yang mereka rasakan setelah diajar oleh guru di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menggunakan pertanyaan Socratic untuk meng-elicit pemahaman murid pada proses pembelajaran dalam bentuk tabel yang meliputi jenis-jenis pertanyaan Socratic yang digunakan oleh guru. Guru juga menunjukkan langkah-langkah pada saat meng-elicit menggunakan pertanyaan Socratic dimulai dengan memancing ide-ide murid, mendapatkan respon murid dan memberikan balasan (feedback) dan kemudian memancing ideide murid secara berkelanjutan menggunakan pertanyaan Socratic. Pengaruh pada tahapan eliciting guru kepada murid-murid menunjukkan bahwa murid-murid sangat tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan tahapan eliciting guru bekerja dengan sangat baik. Murid-murid dapat memahami pelajaran dan merespon semua pertanyaan guru dengan tepat. Murid-murid juga mampu atau dapat memahami hal yang baru saat mereka belajar bahasa inggris.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Rakhmawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Eliciting; Socratic | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 02:53 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 02:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3833 |
Actions (login required)
View Item |