Peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam mata pelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas IV A MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatillah, Putri Rahma (2019) Peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam mata pelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas IV A MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Rahma Hidayatillah_D07216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi sumber daya alam mata pelajaran IPS kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo. Hasil belajar yang cukup rendah memberi dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar materi sumber daya alam mata pelajaran IPS diambil tindakan pembelajaran melalui model cooperative learning tipe Make A Match. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam mata pelajaran IPS model cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo?. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam mata pelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Pengambilan data didapatkan dengan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada teknik observasi menggunakan lembar observasi guru dan siswa, sedangkan dalam teknik tes adalah tes tulis menggunakan butir-butir soal. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Penerapan model cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam pada siswa kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat diihat dari skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 72,2 menjadi 86,1 pada sikus II. Hal tersebut juga terjadi pada hasil observasi siswa pada sikus I sebesar 52 mengalami peningkatan di sikus II sebesar 81,25. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar materi sumber daya alam mata peajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas IV-A MIN 2 Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 74,25 menjadi 85,17 pada siklus II dan mengalami peningkatan persentase pada siklus I sebesar 29% menjadi 89% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatillah, Putri Rahmaphidayatillah@gmail.comD07216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Thesis advisorBahri Musthofa, MuhammadUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hasil Belajar IPS; Sumber Daya Alam; Make a Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahma hidayatillah Putri
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:08
Last Modified: 07 Jan 2020 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38357

Actions (login required)

View Item View Item