This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mushthofa, Mushthofa (2014) PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA KELAS VI DALAM MENDISKRIPSIKAN HUBUNGAN CIRI-CIRIKHUSUS HEWAN DAN TUMBUHAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUPNYA DENGAN METODE TANYA JAWAB DI MI MIFTAHUT THOLIBIN BANTER KECAMATAN BENJENG KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (991kB) | Preview |
Abstract
Bagaimanakah caranya agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya selama ini agar nantinya siswa siap menghadapi ujian. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Dalam hal ini guru harus mencari metode untuk mengingatkan kembali daya ingat anak didik, salah satu metode yang digunakan adalah menggunakan metode tanyajawab dengan model membuat pertanyaan mendapat jawaban.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Tempat penelitian di MI Miftahut Tholibin Banter Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik dan dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing- masing siklus dua kali pertemuan, siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 4 dan 6Agustus 2014, sedangkan siklus dua pada tanggal 11 dan 13 Agustus 2014. Adapun sasaran penelitian ini adalah siswa kelas Kelas IV MI Miftahut Tholibin Banter Kecamatan Binakal Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil pretes, tesformatif, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis diharapkan bahwa prestasi belajar melalui peningkatan daya ingat siswa dapat mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari perubahan masing-masing siklus yang signifikan, diantaranya adalah peningkatan nilai rata-rata pretes dengan tes formatif siswa pada masing-masings iklus, secara berurutan yaitu: siklus I (56,25 menjadi 64,13) dan siklus II (69,38 menjadi 85,75). sedangkan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,5%) dan siklus II(87,5%) dengan rata-rata ketuntasan tiap siswa (80%), juga hal ini ditandai dengan hasil pengamatan siswa tentangkeaktifan, kemauanmenjawab,ketepatan menjawab dan tanggung jawab sebesar56,25%,62,5%,62,5%, dan 62,5% pada siklus I menjadi 75%, 81,25%, 81,25%, dan 87,5% pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode tanya jawab dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan daya ingat siswa kelas VI MI Miftahut Tholibin Banter Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik tahun Pelajaran 2014/2015, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA khususnya dan mata pelajaran yang lain pada umumnya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ni'matus Sholihah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Daya Ingat; Metode Tanya Jawab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 03:27 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 03:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3843 |
Actions (login required)
View Item |