Kontribusi kemandirian belajar, AQ (Adversity Quotient) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Lailatul (2019) Kontribusi kemandirian belajar, AQ (Adversity Quotient) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Izzah_D04214020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses belajar di sekolah akan dikatakan berhasil jika telah mencapai indikator dari hasil belajar. Hasil belajar perlu diperhatikan karena menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Selain itu, siswa yang mengetahui hasil belajarnya akan mampu mengevaluasi faktor-faktor yang mampu mempengaruhi hasil belajarnya. Ada berbagai faktor yang mampu mempengaruhi hasil belajar siswa, tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kemandirian belajar, AQ (Adversity Quotient) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 10 Jombang tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel kelas XI MIPA 3 yang terdiri dari 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan tes soal. Instrumen angket digunakan untuk mengambil data Kemandirian belajar (X1), AQ (Adversity Quotient) (X2), dan motivasi belajar (X3). Sedangkan instrumen soal digunakan untuk mengambil data hasil belajar matematika (Y). Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian belajar (X) berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 24%. (2) AQ (Adversity Quotient) (X) berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 36%. (3) Motivasi belajar (2) berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 38%. (4) Kemandirian belajar (X) tidak berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui AQ (Adversity Quotient) (X1). (5) AQ (Adversity Quotient) (X) berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui motivasi belajar (X2) sebesar 8,03%. (6) Kemandirian belajar (X1,3) berkontribusi secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika (Y) melalui motivasi belajar (X) sebesar 6,16%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Lailatullaila.izha@gmail.comD04214020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046901
Subjects: Motivasi Belajar
Matematika
Keywords: Kemandirian belajar; AQ (Adversity Quotient); Motivasi belajar; Hasil belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: lailatul izzah
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:57
Last Modified: 07 Jan 2020 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38532

Actions (login required)

View Item View Item