Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akhyar, Zainal (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainal Akhyar_D34213044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Square, serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Square.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian “One Shot Case Study”. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan cara dikuantitatifkan dan selanjutnya disimpulkan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Sidoarjo semester gasal tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa, dimana 12 siswa diantaranya menjadi subjek observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintaks selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Think Pair Square termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3,10. 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung tergolong aktif dengan memperoleh persentase sebesar 91,1%. 3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Square menunjukkan pada kriteria positif dengan perolehan nilai rata-rata respon pernyataan positif sebesar 86,62% dan respon pernyataan negatif sebesar 36,72%. 4) hasil tingkat motivasi belajar siswa setelah proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Think Pair Square menunjukkan peningkatan sebesar 4,48% yakni dari 65,73% menjadi 70,21% dan termasuk dalam kategori baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akhyar, Zainalzi.akhyar@gmail.comD34213044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIED198012072008012010
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Pengajaran
Keywords: Think Pair Square; Motivasi Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zainal Akhyar
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:48
Last Modified: 07 Jan 2020 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38535

Actions (login required)

View Item View Item