Peningkatan kemampuan mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang melalui penerapan media Anak dan Induk Card Playing dalam pembelajaran IPS Kelas V MI Miftahul Ulum I Melirang Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugiono, Sugiono (2014) Peningkatan kemampuan mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang melalui penerapan media Anak dan Induk Card Playing dalam pembelajaran IPS Kelas V MI Miftahul Ulum I Melirang Bungah Gresik. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sugiono_D57213304.pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dilakukan dengan menggunakan media Anak dan Induk Card Playing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sebelum penggunaan Anduk Card Playing?, 2) Bagaimanakah penggunaan media Anduk Card Playing?, 3) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mendeskripsi kan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang setelah penggunaan Anduk Card Playing? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dalam pembelajaran IPS kelas V MI Miftahul Ulum I Bungah Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berangkat dari masalah di lapangan, kemudian dianalisis dan direfleksikan. Berdasarkan teori yang menunjang, kemudian dilaksanakan penelitian. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Miftahul Ulum I yang jumlahnya 30 siswa terdiri dari 10 Laki-laki dan 20 perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sebelum dilakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah sangat kurang. 2) Penggunaan Anak dan Induk Card Playing dilakukan dengan cara kelas dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing ketua kelompok dipanggil untuk memilih anak kartu yang berisi nomor permasahan, selanjutnya ketua kelompok mencari permasalahan yang ada pada induk kartu. Setelah ketemu ketua kelompok menulisnya dan membawa ke kelompok untuk didiskusikan. Hasil diskusi dicatat dan dipresentasikan, 3) Kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perjuangan pahlawan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sanagt baik. Hal dibuktikan dengan hasil penilaian uang dilakukan di akhir pembelajaran dengan data siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih 26 siswa, tingkat ketuntasan belajar 87% dan rata-rata nilai 77,67.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugiono, Sugiono--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Kemampuan Mendeskripsikan; Anak; Induk Card Playing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 06:30
Last Modified: 18 Mar 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item