Analisis Hukum Islam Terhadap Wanprestasi Pada Sewa Joki Game Mobile Legend

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurchasanah, Hasti (2019) Analisis Hukum Islam Terhadap Wanprestasi Pada Sewa Joki Game Mobile Legend. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasti Nurchasanah_C92215109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumen. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu pola pikir pada teori-teori dan kemudian dikaitkan dengan fakta di lapangan tentang wanprestasi pada sewa joki game mobile legend. Dalam penelitian disimpulkan yang pertama, Transaksi sewa joki sama seperti transaksi sewa yang lainnya. Transaksi tersebut melibatkan joki untuk bermain game mobile legend dengan pihak penyewa. Perjanjian sewa sudah ditetapkan dan disepakati kedua belah pihak diawal perjanjian, meliputi harga, jangka waktu dan apa yang hendak dikerjakan. Transaksi joki ini dilakukan oleh banyak kalangan karena menguntungkan. Dalam mengambil keuntungan, joki melakukan kecurangan atau pun melakukan penyelewengan. Joki tidak menjalankan kewajibannya sesuai dengan perjanjian, pihak joki tersebut kabur atau melarikan diri sebelum menyelesaikan tugasnya dalam jangka waktu yang disepakati. Joki juga melakukan wanprestasi berupa mencuri akun, mengambil properti akun berupa diamond milik penyewa untuk dijual lagi tanpa sepengetahuan dari pihak customer. Berdasarkan analisis hukum Islam terhadap sewa jasa joki game mobile legend ini akadnya menjadi fasakh atau dianggap batal karena tidak terpenuhinya rukun dan syarat ijarah, ijab dan qabul serta manfaat. Pihak joki tidak melaksanakan kesepakatan yang telah disepakati diawal kontrak. Sehingga pihak penyewa tidak bisa mengambil manfaat dari akad ijarah. Saran penulis, customer harus lebih menjaga akun atau dengan mengubah password id nya agar tidak disalahgunakan. Untuk pihak yang menyewakan sebaiknya lebih jujur dan harus memenuhi kesepakatan sesuai dengan perjanjian. Penyewa harus lebih memperhatikan keaslian akun dari joki tersebut dengan cara bertemu langsung. Untuk pengguna jasa agar lebih berhati-hati dalam hal pembayaran uang jasa. Pastikan terlebih dahulu semua dengan aman jika ingin melakukan transfer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurchasanah, Hastihasti knurhasanah24@gmail.comC92215109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, Ifa Mutiatulifachoiroh@gmail.com197903312007102002
Subjects: Hukum Ekonomi
Keywords: Ijarah; Sewa Menyewa.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurchasanah Hasti
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:10
Last Modified: 07 Jan 2020 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38625

Actions (login required)

View Item View Item