PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JAMBANGAN SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2013-2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Wahyu (2014) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JAMBANGAN SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Problem Solving pada siswa kelas III MIN Jambangan Surabaya pada tahun Pelajaran 2013-2014. Variabel yang menjadisasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi cirri-ciri Makhluk Hidup. Seadangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Problem Solving.
Karya ilmiah ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN Jambangan yang berjumlah 29 siswa. Teknis pengumpulan data menggunakan teknis dukumentasi, tes, observasi dan wawancara. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknis analisis data yang digunakan analisis interatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap cirri-ciri makhluk hidup. Hal ini terbukti dengan kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 65,17 dengan presentasi 65,52%. Pada siklus I nilai rata-rata 74,41 dengan presentase 78,86%. Dan nilai rata-rata pada sklus II 78,92 dengan presentase ketuntasan 86,21%. Sebelum diadakan penelitian siswa yang memperoleh nilai 65 sebanyak 19. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai 65 sebanyak 22 siswa. Dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai 65 sebanyak 25 .Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Problem Solving dapat meningkatkan hasil Belajar terhadap ciri-ciri Makhliuk Hidup pada siswa kelas III MIN Jambangan Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, WahyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Penelitian Tindakan kelas; Model Problem Solving
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:07
Last Modified: 22 Jan 2016 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3864

Actions (login required)

View Item View Item