Konsep toleransi dalam pendidikan Islam prespektif KH Abdurrahman Wahid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyya, Alfiyyah Nur (2020) Konsep toleransi dalam pendidikan Islam prespektif KH Abdurrahman Wahid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiyyah Nur Lailiyya_D91215047.Pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang K.H.Abdurrahman Wahid dan dinamika pemikiran pendidikan Islam toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang: 1) Konsep toleransi menurut KH. Abdurrahman Wahid, 2) Relevansi konsep toleransi menurut K.H. Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam.Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research dengan menggunakan pendekatan historis filosofis. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analitik. Deskriptif yaitu menyajikan data dengan senyata mungkin sesuai hasil penelitian yang diperoleh yang kemudian dianalisis untuk mereduksi kumpulan data melalui pendeskripsian untuk memperoleh kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep pendidikan Islam toleransi merupakan konsep pendidikan yang berpusat kepada kepentingan peserta didik dan sesuai dengan perkembangan dan potensi yang dimilikinya sehingga daya kritis peserta didik terbangun yang berujung pada terciptanya manusia yang merdeka sesuai dengan hakikat kemanusiaan secara fitri. 2) Pendidikan Islam toleransi perspektif K.H. Abdurrahman Wahid merupakan konsep pendidikan yang memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga peserta didik terbebas dari sistem yang cenderung parsial, bagi Gus Dur pendidikan Islam harus mampu menyerap kemajuan yang lahir dari pendidkan modern ala barat tanpa harus tercerabut dari lokalitas lingkungan yang ada disekitarnya, sehingga lahirlah peserta didik yang merdeka siap menjawab tantangan zaman tanpa kehilangan identitas keislamannya.Konsep pendidikan Islam toleransi perspektif K.H. Abdurrahman Wahid ini diharapkan menjadi salah satu rujukan bagi penggiat pendidikan sebagai konsep yang mampu melahirkan toleransi agar peserta didik bebas mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan baik itu dari barat maupun dari timur tanpa harus tercerabut dari akar lokalitasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyya, Alfiyyah Nurnoviaelga7@gmail.comD91215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohammadfaizin-ahwan@yahoo.com197208152005011004
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com197106102000031003
Subjects: Sastra
Keywords: Toleransi pendidikan; karya sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiiyyah Nur Lailiyya
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:32
Last Modified: 10 Sep 2020 12:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38640

Actions (login required)

View Item View Item