Nilai-nilai pendidikan moral dalam film Negeri 5 Menara perspektif pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, M. Hadi (2019) Nilai-nilai pendidikan moral dalam film Negeri 5 Menara perspektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hadi Saputro_D91215102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Moral anak bangsa pada era modern saat ini mulai memprihatinkan. Untuk mengatasi permasalahan moral di era modern ini diperlukan adanya pendidikan moral. Pendidikan moral sendiri dapat dilaksanakan di dalam pembelajaran. Film Negeri 5 Menara merupakan film yang menanamkan pesan-pesan moral di dalamnya. Sehingga, film ini sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Fokus penelitian ini ialah mengkaji apa saja nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam film Negeri 5 Menara dan pendidikan moral dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer (film Negeri 5 Menara), dan sumber data sekunder (buku-buku, internet, atau sumber lain yang berhubungan dengan penelitian ini). Setelah data-data terkumpul selanjutnya diklasifikasikan kemudian dilakukan analisis data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis isi (content analysis). Jenis analisis ini digunakan untuk menerangkan nilai-nilai pendidikan moral dalam film Negeri 5 Menara. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa nilai-nilai pendidikan moral yang ada di dalam film Negeri 5 Menara, yaitu: (1) Nilai moral yang berhubungan dengan Tuhan (2) Nilai moral yang berhubungan dengan diri sendiri (3) Nilai moral yang berhubungan dengan sesama manusia ada 4 yaitu: nilai moral terhadap orang tua, guru, teman, dan masyarakat. Nilai-nilai pendidikan moral dalam perpsektif Islam yang ada di film Negeri 5 Menara, yaitu: (1) Akhlak manusia kepada Allah SWT (2) Akhlak manusia kepada makhluk Allah ada 3, yaitu: Akhlak kepada orang tua dan guru, masyarakat, dan diri sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, M. Hadihadysapuetro@gmail.comD91215102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIED2029087203
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibbinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Nilai; Pendidikan; Moral; Film Negeri 5 Menara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD HADI SAPUTRO
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:41
Last Modified: 08 Jan 2020 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38665

Actions (login required)

View Item View Item