Uji Total Plate Count dan Cemaran Escherichia coli pada Jamu Gendong Temulawak di Pasar Tradisional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholehah, Hikmatun (2019) Uji Total Plate Count dan Cemaran Escherichia coli pada Jamu Gendong Temulawak di Pasar Tradisional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatun Sholehah_H71215016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jamu gendong temulawak merupakan salah satu obat tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang tergolong ekonomis, mudah diperoleh dan manfaatnya cukup luas. Khasiat dari jamu temulawak antara lain dapat dijadikan antiinflamasi, mengatasi radang ginjal, radang empedu, asma serta dapat meningkatkan nafsu makan. Pengolahan jamu gendong yang kurang menjaga kebersihan mulai dari pemilihan rimpang temulawak, proses pengolahan hingga penyajian dapat menimbulkan adanya cemaran mikroorganisme dalam jamu. Berdasarkan keputusan BPOM RI 2014 menyebutkan bahwa nilai Total Plate Count (TPC) dan adanya cemaran mikroba patogen Escherichia coli dalam jamu gendong temulawak dapat berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai TPC dan mengetahui ada tidaknya cemaran bakteri Escherichia coli dalam jamu gendong temulawak yang diperoleh dari 10 pasar tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pada penelitian ini metode pengujian TPC menggunakan pour plate dan pada uji cemaran bakteri Escherichia coli dilakukan dengan cara streak pada media Eosin Methylen Blue (EMB). Dari 20 sampel jamu gendong temulawak yang dilakukan pengujian, pada uji TPC terdapat 11 sampel tidak memehuhi syarat yang telah ditentukan. Nilai TPC diperoleh sebesar 1,6 x 104 sampai dengan 1,3 x 107, pada uji cemaran E.coli terdapat 12 sampel positif dan 8 diantaranya negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholehah, Hikmatunhikmatunsholehah21@gmail.comH71215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, MisbakhulUNSPECIFIED2025125401
Thesis advisorFaizah, HanikUNSPECIFIED201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Jamu gendong temulawak; TPC; bakteri Escherichia coli.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Hikmatun Sholehah
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:47
Last Modified: 09 Jan 2020 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38793

Actions (login required)

View Item View Item