Penerapan Model Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musta'izzah, Muhimmatul (2019) Penerapan Model Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Muhimmatul Musta’izzah_D94213112.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah, upaya untuk melatih kemampuan pemecahan masalah adalah menerapkan model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) yang akan membantu siswa mendapatkan penguasaan konsep sehingga membantu siswa memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran CBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas X MIA SMA Islam Parlaungan Sidoarjo, menggunakan materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes tulis kemampuan pemecahan masalah.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran CBL untuk melatih kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai rata-rata 81,4 dan termasuk dalam kriteria sangat aktif. Sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran CBL pada materi SPLTV memperoleh nilai rata-rata 80,3 dan termasuk dalam kriteria tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musta'izzah, Muhimmatulmuhimmaham@yahoo.comD94213112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@gmail.com007128007
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046901
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Challenge Based Learning; Pemecahan Masalah; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhimmatul Musta'izzah
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:23
Last Modified: 09 Jan 2020 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38827

Actions (login required)

View Item View Item