Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) dalam Penyusunan Laporan Keuangan Fitaloka Studio di Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Fakhrun Nisa' Ayu (2019) Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) dalam Penyusunan Laporan Keuangan Fitaloka Studio di Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fakhrun Nisa' Ayu Efendi_G02214001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) dalam Penyusunan Laporan Keuangan Fitaloka Studio di Mojokerto” ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui laporan keuangan UMKM berdasarkan SAK EMKM pada Fitaloka Studio di Mojokerto. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi seputar objek dan wawancara dengan informan. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fitaloka Studio dapat menerapkan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Hanya saja dalam penerapan Catatan atas Laporan Keuangan milik Fitaloka Studio masih belum dapat dikatakan sempurna. Sebab dalam praktiknya laporan keuangan Fitaloka Studio tidak memiliki periode pembanding atas laporan keuangan yang disusunnya. Selain itu Fitaloka Studio juga baru pertama kali melakukan penyusunan laporan keuangan. Sehingga dalam penerapannya masih terdapat bagian yang kurang. Kendala yang ditemukan pada Fitaloka Studio adalah pertama kali menerapkan penyusunan laporan keuangan, sehingga segala dokumen untuk penyusunan laporan keuangan perlu ditelaah lebih dalam. Selain itu mengingat Fitaloka Studio belum mengenal sistem akuntansi, sehingga segala yang berkaitan dengan akuntansi masih terbilang awam. Oleh karna itu peneliti melakukan penyusunan laporan keuangan untuk menambah wawasan serta memperkenalkan bidang akuntansi pada pihak Fitaloka Studio. Kedepannya diharapkan Fitaloka Studio selain dapat menyusun laporan keuangan secara berkala dan berkelanjutan, juga dapat memperbarui sistem akuntansinya. Sebab dalam penerimaan dokumen baik untuk kas masuk maupun kas keluar masih belum ada alur atau sistem yang sesuai dengan sistem akuntansi. Sehingga dalam penyusunan laporan keuangan harus memilah terlebih dahulu. Selain itu, dokumentasi atas segala kegiatan ekonomi yang dilakukan Fitaloka Studio masih belum menerapkan sistem komputerisasi yang sebenarnya dapat mempermudah kegiatan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Fakhrun Nisa' Ayunisaefendi46@gmail.comG02214001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id198403232014031002
Subjects: Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Efendi Fakhrun Nisa' Ayu
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:16
Last Modified: 10 Jan 2020 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38834

Actions (login required)

View Item View Item