Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Konsep Constitutional Question di Mahkamah Konstitusi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jahriyah, Vita Fajrin (2019) Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Konsep Constitutional Question di Mahkamah Konstitusi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vita Fajrin Jahriyah_C95215111.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan metode penelitian hukum normatif (normative law research) yang meneliti sumber-sumber pustaka yang dianggap relevan dengan menggunakan sumber data buku, jurnal, dan bahan-bahan hukum lainnya. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan teori Hukum Islam ataupun fiqh siyasah yakni fiqh siyasah shar’iyyah, fiqh siyasah dusturiyah untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya konsep constitutional question di Indonesia yang bersifat ius constituendum maka dapat dihindari adanya putusan hakim yang dinilai bertentangan dengan konstitusi dan dianggap melanggar hak konstitusional warga negara. Selain itu, objek dan ruang pengujian terhadap peraturan perundang-undangan menjadi semakin luas serta pelanggaran hak konstitusional dapat dipulihkan. Secara konstitusional mekanisme constitutional question dapat dikonstruksikan sebagai bagian dari kewenangan Mahkamah Konstitusi dalam menguji UU terhadap UUD. Hal ini sangat relevan dengan adanya perlindungan HAM dalam islam itu sendiri, serta wilayah al-mazalim sebagai pengadilan untuk mengadili kesewenang-wenangan penguasa terhadap rakyat, untuk mengembalikan hak- hak rakyat yang telah diciderai oleh penguasa, dan untuk menyelesaikan persengketaan antara penguasa dan warga negara. Sejalan dengan kesimpulan diatas Dalam rangka perlindungan hak konstitusional warga negara, baik dari perspektif teori maupun kenyataan praktik, maka sudah masalah ini dijadikan perhatian utama untuk memasukkan konsep constitutional question pada kewenangan dari Mahkamah Konstitusi. Penerapan constitutional question ini juga ditujukan agar Mahkamah Konstitusi dapat secara maksimal melaksanakan fungsinya sebagai The Guardian Of Constitution.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jahriyah, Vita Fajrinfajrinvitha@gmail.comC95215111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, AnisUNSPECIFIED197911052007011019
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Constitutional Question; Mahkamah Konstitusi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Vita Fajrin Jahriyah
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:37
Last Modified: 09 Jan 2020 01:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38857

Actions (login required)

View Item View Item