PENGARUH SHALAT DHUHA TERHADAP ETOS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanjayanti, Anik (2015) PENGARUH SHALAT DHUHA TERHADAP ETOS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NGIMBANG LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang pengaruh Shalat dhuha terhadap etos belajar siswa di SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena unsur pelaksanaan shalat dhuha dinilai sangat penting dalam proses mencapai kualitas hidup yang utuh. Dengan menjalakan shalat dhuha diharapkan siswa menjadi pribadi yang lebih agamis dan bisa meningkatkan semangat belajar siswa.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan shalat dhuha pada siswa di SMA N 1 Ngimbang, bagaimana keadaan etos belajar siswa di SMA N 1 Ngimbang, dan adakah pengaruh shalat dhuha terhadap etos belajar siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait pelaksanaan shalat dhuha, kemudian untuk mengetahui bagaimana etos belajar siswa-siswi pada saat mengikuti pelajaran, dan yang terakhir adalah apakah ada pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap etos belajar siswa.
Untuk mengetahui rumusan masalah pertama dan kedua tersebut, peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah ketiga, penulis menggunakan rumus korelasi product moment.
Setelah peneliti selesai melakukan penelitian, data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan shalat dhuha termasuk dalam kategori cukup dengan diperoleh hasil angket sebanyak 69,1. Yang kemudian diinterpretasikan dalam tabel nilai standar prosentase dan diketahui bahwa hasilnya 69,1 ini tepatnya berada antara 56%-75% kategori cukup baik.Dari hasil etos belajar siswa juga tergolong cukup baik, hal ini dibuktikan dengan hasil analisa yang menunjukkan bahwa hasil angket sebanyak 59,1. Yang kemudian diinterpretasikan dalam tabel standar prosentase dan diketahui berada diantara dalam kategori cukup tepatnya berada antara 56%-75% .Berdasarkan penyajian data analisa diatas data yang sudah dikemukakan, ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan shalat dhuha dengan dikaitkannya dengan etos belajar siswa ini mempunyai pengaruh yang sangat positif bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai yaitu 0,906. Maka apabila nilai tersebut dikonsultasikandengan tabelinterpretasi berada di tengah 0,70-0,90 yang berarti bahwa pelaksanaan shalat dhuha kuat atau tinggi mempengaruhi etos belajar siswa di SMA N 1 Ngimbang Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Damanhuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanjayanti, AnikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Salat > Salat Dhuha
Keywords: Shalat Dhuha; Etos Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2016 23:40
Last Modified: 24 Jan 2016 23:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item