Analisis hukum Islam dan Fatwa DSN No:12/DSN-MUI/IV/2000 terhadap take over Pembiayaan Rumah Syariah iB MMQ di Bank Maybank Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Lilies (2019) Analisis hukum Islam dan Fatwa DSN No:12/DSN-MUI/IV/2000 terhadap take over Pembiayaan Rumah Syariah iB MMQ di Bank Maybank Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilies Permatasari_C02215033.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Analisis hukum Islam dan Fatwa DSN No:12/DSN-MUI/IV/2000 terhadap take over pembiayaan rumah syariah iB MMQ di bank Maybank Surabaya” penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan, Pertama, bagaimana praktik take over pada pembiayaan rumah syariah iB MMQ di bank Maybank.Kedua, bagaimana analisis hukum Islam dan fatwa DSN MUI No:12/DSN-MUI/IV/2000 terhadap take over pembiayaan rumah syariah iB MMQ di bank Maybank. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Bank Maybank Surabaya.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif, yaitu disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai take over pembiayaan rumah syariah iB MMQ dan selanjutnya dianalisis dengan konsep Hiwalah dalam hukum Islam dan Fatwa DSN MUI No: 12/DSN-MUI/IV/2000. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, praktik take over di bank Maybank dilakukan dengan cara Musyarakah Mutanaqisah, Maybank mengambil alih hutang nasabah dari salah satu bank konvensional. Selanjutnya antara Maybank dan nasabah menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah pada pembiayaan rumah syariah iB MMQ. Setelah itu nasabah akan membayar secara sedikit-sedikit kembali kepada pihak Maybank yang telah dipilihkan langsung oleh bank pada pilihan take over level top up yang angsurannya lebih tinggi dari sebelumnya. Kedua, berdasarkan ketentuan hukum Islam, operasional akad Musyarakah Mutanaqisah pada pembiayaan rumah syariah iB MMQ sudah menggunakan prinsip syariah yang sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 73/DSN-MUI/IX/2008 tentang Musyarakah Mutanaqisah karena sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam fatwa tersebut. Menurut hukum Islam diperbolehkan adanya pengalihan hutang terdapat didalam hadis Al-Quran. Sejalan dengan kesimpulan di atas, diharapkan pihak bank Maybank Surabaya dapat menerapkan sistem pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah dengan sebenarnya sesuai ketentuan-ketentuan yang ada seperti penggunaan akad harus jelas agar tercapai visi misi bank Maybank Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Liliesliliespermatasari12@gmail.comC02215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Hukum Islam > Musyarakah
Keywords: Take over; pembiayaan rumah syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lilies Permatasari
Date Deposited: 15 Jan 2020 06:22
Last Modified: 15 Jan 2020 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39010

Actions (login required)

View Item View Item