Fenomena pengalaman Religius: studi kasus penderita Gagal Ginjal Kronis di Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Rahmat (2019) Fenomena pengalaman Religius: studi kasus penderita Gagal Ginjal Kronis di Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Hidayat_F02116027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang membahas fenomena sehari-sehari yang terjadi pada penderita gagal ginjal kronis di Mojokerto dan pengalaman religiusnya. Ada dua rumusan masalah yang kaji dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana fenomena penderita gagal ginjal kronis di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo? Kedua, bagaimana pengalaman religius para penderita gagal ginjal kronis tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui kajian pustaka dan wawancara serta observasi di lapangan. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi agama, guna memperoleh data mendalam dari subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita gagal ginjal kronis yang menjadi partisipan mempunyai fenomena yang beragam, terdiri dari penyebab, perawatan, pemahaman, pengaruh, tingkat kesehatan, dan lain sebagainya yang terjadi pada dirinya. Begitu pula dengan pengalaman religius yang mereka alami, juga muncul secara beragam. Ada dua jenis pengalaman yang terjadi, pertama, pengalaman pembaharuan dan kedua, pengalaman mistik. Dua pengalaman tersebut berimplikasi nyata pada bertambahnya iman mereka kepada Tuhan dan empati kepada sesama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Rahmatabuaqil321@gmail.comF02116027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Syamsulm.syamsul.huda70@gmail.com2029037201
Subjects: Tasawuf
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Rahmat Rahmat hidayat
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:58
Last Modified: 15 Jan 2020 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39019

Actions (login required)

View Item View Item