Analisis hukum Islam tentang Wanprestasi pedagang atas pembayaran Retribusi Pelayanan Pasar Mojoagung Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ellinda, Dita Giska (2019) Analisis hukum Islam tentang Wanprestasi pedagang atas pembayaran Retribusi Pelayanan Pasar Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Giska Ellinda_C92215094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Tentang Wanprestasi Pedagang Atas Pembayaran Retribusi Pelayanan Pasar Mojoagung Jombang” merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana wanprestasi pedagang atas pembayaran retribusi pelayanan pasar Mojoagung Jombang! Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap wanprestasi pedagang atas pembayaran retribusi pelayanan pasar Mojoagung Jombang! Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa interview dan dokumenter. Selanjutnya data disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni tentang praktik wanprestasi atas pembayaran retribusi pelayanan pasar oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pasar Mojoagung Jombang kepada pedagang pasar Mojoagung Jombang, kesimpulan diambil melalui pola pemikiran deduktif. Pembayaran retribusi pelayanan pasar di Pasar Mojoagung Jombang dilakukan setiap hari pada jam 02.00-24.00, dan pihak upt pasar memberikan hak kepada pedagang izin untuk menempati toko/stand dan memperoleh pelayanan-pelayanan lainnya berupa pelayanan kebersihan dan keamanan. Akan tetapi dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar, pedagang ada yang melakukan kekurangan pembayaran terhadap pemungutan retribusi pelayanan pasar tersebut. Apabila dilihat dari rukun Ija>rah, kekurangan pembayaran terhadap pemungutan retribusi pelayanan pasar ini yaitu sah namun tidak sempurna (rusak) karena salah satu rukum ija>rah tidak terpenuhi. Sedangkan berdasarkan teori wanprestasi, kekurangan pembayaran dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar termasuk pada bentuk dari wanprestasi yaitu tidak sempurna dalam memenuhi prestasi karena pedagang tidak melakukan pembayaran retribusi pelayanan pasar sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Perda No. 25 Tahun 2010 tentang retribusi pelayanana pasar. Diakhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan kepada pihak upt pasar agar lebih tegas dan memberikan sanksi kepada pedagang yang melakukan kekurangan pembayaran atas pemungutan retribusi pelayanan pasar, dan harus lebih baik dalam memberikan pelayanan-pelayanannya seperti pelayanan keamanan dan kebersihan. Sedangkan kepada pedagang agar lebih menyadari terhadap kewajibannya dalam membayar retribusi pelayanan pasar sesuai dengan peraturan yang ada yaitu Perda No. 25 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Pasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ellinda, Dita Giskaditagiskaellinda@gmail.comC92215094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlum, Fahrurfahrurulum@gmail.com2006097203
Subjects: Hukum Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ellinda Dita Giska
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:07
Last Modified: 17 Jan 2020 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39048

Actions (login required)

View Item View Item