تطوير مواد تعليم اللغة العربية على أساس الثقافة المحلّيّة للمستوى الثانوي فى ضوء المنهج 13 لترقية مهارات اللغة العربية: البحث والتطوير فى المدرسة الثانوية الحكومية 3 بيما نوسا تنكرا الغربية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Muhammad (2019) تطوير مواد تعليم اللغة العربية على أساس الثقافة المحلّيّة للمستوى الثانوي فى ضوء المنهج 13 لترقية مهارات اللغة العربية: البحث والتطوير فى المدرسة الثانوية الحكومية 3 بيما نوسا تنكرا الغربية. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ali_F02616141.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39068

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di SMA N 3 kota Bima Nusa Tenggara Barat menggunakan kitab “كراسة التدريبات”. Kitab yang digunakan ini, peneliti menemukan beberapa kekurangan di antaranya, terlalu banyaknya bahan ajar yang sulit dan membosankan karena bukan tingkatan mereka. Oleh karena itu hal tersebut menjadikan para peserta didik tidak mampu memahami keterampilan berbahasa ini dengan baik. Sehingga banyak dari mereka salah dan kesulitan dalam pengucapan, salah dalam penulisan kliru ketika memahami teks-teks bahasa Arab. Untuk memudahkan siswa dalam belajar Bahasa Arab maka peneliti berusaha membuat buku Pembelajaran Bahasa Arab yang sesuai dengan Budaya dan tingkatan mereka guna keefektifan penggunaannya pada siswa dalam pengembangan keterampilan berbahasa. Adapun Hasil dari Penelitian ini: Bahwasanya Buku Pembelajaran untuk keterampilan bahasa untuk SMA N di SMA N 3 Kota Bima Nusa Tenggara Barat tambah meningkat. Bahwasanya hasil nilai siswa setelah Pengembangan Buku Pembelajaran lebih besar dari pada nilai sebelumnya. Hal ini didasarkan pada hasil tes yang mana terdapat peningkatan dari 73,96 % pada nilai pretest dan 94,67 % pada nilai posttest, dan pada hasil t-test yang mana t-hasil perhitungan yaitu 9,78 lebih besar dari t-jadwal 5 % yaitu 2,05 dan hasil ini dikuatkan dengan hasil angket dan wawancara. Berdasarkan hasil nilai-nilai di atas yang diperoleh dari para siswa nilai pretest dan nilai post Test, nilai t-hitung dan t-tabel, nilai angket dan wawancara, bahwasanya Penggunaan Buku Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa di SMAN 3 Kota Bima Nusa Tenggara Barat adalah efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Muhammadaliraodha@gmail.comF02616141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisor2009097501, 2009097501nasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Buku Pembelajaran; Keterampilan Berbahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:47
Last Modified: 28 Jan 2020 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39068

Actions (login required)

View Item View Item