Bisnis jasa perbankan: studi komparasi distribusi keuntungan sistem bunga dan sistem bagi hasil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamal, Helliyah (2012) Bisnis jasa perbankan: studi komparasi distribusi keuntungan sistem bunga dan sistem bagi hasil. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Helliyah Jamal_F04409155.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39120

Abstract

Dewasa ini, perkembangan dunia perbankan semakin pesat dan modern baik dari segi produk, kualitas, pelayanan dan teknologi yang dimiliki. Perbankan semakin mendominasi perkembangan ekonomi dan bisnis suatu negara. Bahkan, aktivitas dan keberadaan perbankan sangat menentukan kemajuan suatu negara dalam bidang ekonomi. Perbankan mempunyai peranan penting dalam pembangunan ekonomi. Karena itu, upaya optimalisasi sistem operasional perbankan sangat penting untuk diperhatikan, sehingga perbankan mampu menjadi lembaga keuangan yang stabil dalam menyanggah dan menumbuhkan perekonomian nasional. Salah satu sistem operasional perbankan yang mendapat perhatian lebih adalah sistem pengambilan keuntungan. Dalam praktik perbankan di Indonesia, terdapat dua model dalam mencari keuntungan, yaitu di bank konvensional dengan sistem bunga dan bank shari’ah dengan sistem bagi hasil. Penelitian ini memfokuskan pada kajian optimalisasi sistem operasional bunga dan bagi hasil, dengan menganalisa kelemahan dan keunggulan dari sistem operasional bunga bank konvensional dan bagi hasil bank shari’ah, sehingga keunggulan dan kelemahan dari kedua sistem akan diketahui secara lebih riil. Karena itu, dalam penelitian ini dikaji kedua sistem tersebut dengan metode deskriptif analisa dan komparatif. Dalam menjawab semua ini, peneliti menggunakan kajian pustaka (library reseach) dengan menggunakan beberapa literatur buku dan jurnal yang mendukung penelitian. Metode penelitian ini dirancang untuk untuk meneliti dan mendiskripsikan sistem bunga bank konvensional dan bagi hasil bank shari’ah. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam menganalisis adalah pendekatan kualitatif, karena dalam metode penelitian sosial-ekonomi pendekatan kualitatif lebih memadai digunakan dalam menjawab bagaimana sistem bagi hasil pada bank shari’ah dan sistem bunga pada bank konvensional, serta apa saja keunggulannya. Dapat disimpulkan, bahwa sistem bunga dan bagi hasil terdapat perbedaan dan persamaan. Persamaan sistem bunga dan bagi hasil dapat dilihat dari segi mekanisme system (terutama dalam sisi tehnis penerimaan uang, mekanisme transfer, tehnologi komputer yang digunakan), dari segi pendanaan, dari segi pembiayaan (terutama pada syarat-syarat umum memperoleh pembiayaan seperti KTP, NPWP, proposal dan sebagainya. Intinya, sama-sama mencari keuntungan dan penetapan prosentase keuntungan diawal kesepakatan.Sedangakan Perbedaan bank konvensional dan bank shari’ah terletak pada akad. Bank Shari’ah semua transaksi harus berdasarkan akad yang dibenarkan shari’at. Setiap akad dalam perbankan shari’ah, harus memenuhi ketentuan akad seperti rukun dan syarat. Perbedaan yang terdapat pada bank konvensional menggunakan konsep biaya ( cost concept ) untuk menghitung keuntungan. Artinya bunga yang dijanjikan dimuka kepada nasabah merupakan ongkos yang harus dibayar oleh bank. Karena itu bank harus menjual kepada nasabah lainnya dengan biaya bunga yang lebih tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamal, Helliyahhalaa_jim@yahoo.comF04409155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, IsmailUNSPECIFIED2021015201
Subjects: Bank dan Perbankan
Bagi Hasil
Keywords: Bunga; Bagi Hasil
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2020 08:15
Last Modified: 14 Feb 2020 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39120

Actions (login required)

View Item View Item