Implementasi teori sosial kognitif pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Trisna (2010) Implementasi teori sosial kognitif pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Trisna Anggraini_D31205038.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39132

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualitatif. Judul penelitian ini adalah "implementasi teori sosial kognitif pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Bangkalan." Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana konsep teori Sosial Kognitif, Bagaimana pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Bangkalan, Bagaimanakah implementasi teori Sosial Kognitif pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Bangkalan. Berkenaan dengan itu, metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang berkeinginaan untuk menggambarkan fenomena dengan berpijak pada prosedur-prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku secara holistik (utuh). Berdasarkan hasil penelitian penulis teori sosial kognitif (Sosial cognitive theory), Teori ini mendeskripsikan manusia sebabai organisme yang dinamis dalam memproses informasi dan sebagai organisme sosial. Entah itu kita belajar secara langsung atau tak langsung, kebanyakan proses belajar kita biasanya melibatkan orang lain dalam setting sosial. Pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri bangkalan sudah berjalan sangat baik. Karena guru telah mempraktikan beberapa metode clan strategi pengajaian. Untuk menambah variasi dalam direct method itu, teori sosial kognitif dapat menjadi solusi. lmplemenasi teori sosial kognitif pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Bangkalan sangat baik. Hal ini dapat terlihat respon siswa yang mampu lebih memahami materi aqidah akhlak, lebih menyenangi pelajaran aqidah akhlak dan hal-hal positif lain. Untuk mengembangkan pembelajaran aqidah akhlak di sekolah guru hendaknya lebih banyak menggali metode-metode pembelajaran yang mutakhir. Sehingga mampu membuat suasana kelas yang kondusif dan dan tidak membosankan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ada banyak teori befajar yang bisa digunakan untuk pembelajaran, untuk itu guru diharapkan mampu menggali ilmu tentang teori belajar. Diharapkan dengan teori belajar tersebut guru mampu lebih memahami siswa dan menyusun rencana pembelajaran yang baik. Kepada pihak sekolah, hendaknya menambah fasilitas penunjang pembelajaran aqidah akhlak, misalnya buku-buku mata pelajaran aqidah akhlak atau buku-buku lain yang berhubungan dengan pelajaran aqidah akhlak. Karena dengan adanya buku penunjang, wawasan siswa clan guru menjadi lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Trisna--D31205038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Teori sosial kognitif; pembelajaran Aqidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:18
Last Modified: 18 Feb 2020 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39132

Actions (login required)

View Item View Item