Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Problem Based Intruction di SMPN 1 Kanor Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Nunuk (2010) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Problem Based Intruction di SMPN 1 Kanor Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nunuk Rosyida_D31206022.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39172

Abstract

Motivasi adalah sesuatu yang menggerakkan atau mendorong siswa untuk menuju perubahan perilaku yang lebih baik dengan belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang diikutinya. Problem Based lntruction adaJah salah satu model pengajaran berdasarkan masalah yang nantinya murid akan dilatih untuk berfikir dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan dunia nyata. Masalah yang diteliti dalam skripsi adalah : (1) Bagairnana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar di SMPN 1 Kanor Bojonegoro; (2) Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Problem Based Jntruction di SMPN 1 Kanor Bojonegoro. Dan penelitian ini dilaksanakan terhadap 30 siswa kelas VIII H. Penelitian yang penulis lakukan merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga peneJitian ini tidak berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata yang menggambarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Hal ini dilakukan agar dapat memperoleh data yang valid dan representatif sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sedangkan dalam teknik Analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang memfokuskan pada penunjukan makna, menjelaskankan clan menempatkan data pada konteksnya masing-masing dan melukiskannya dalarn bentuk kata-kata, data yang terkumpul kemudian di analisis untuk menyederhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah di baca dan di interprestasikan. Guru Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Kanor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dilakukan dengan pemberian hadiah, angka, pujian, hukuman dan lain­ lain, sedangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui Problem Based Intruction yaitu dengan memberikan sebuah permasalahan yang menarik yang berkaitan dengan masalah dunia nyata sehingga murid akan tertarik dan tennotivasi untuk menyelesaikannya. Berdasarkan analisis penulis, bahwa dengan model pengajaran berdasarkan masalah (PBI) diharapkan Guru mampu meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Nunuk--D31206022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; motivasi belajar; Problem Based Intruction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:21
Last Modified: 25 Feb 2020 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39172

Actions (login required)

View Item View Item