Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 36 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basyir, Moch (2010) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 36 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Basyir_D01205224.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39179

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 36 Surabaya, 2) Bagaimana isi materi pelajaran PAI di SMP Negeri 36 Surabaya, 3) Bagaimana problematika pelaksanaan pembelajaran pada materi pelajaran PAI di SMP Negeri 36 Surabaya, 4) Bagaimana solusi penyelesaian problematika pembelajaran PAI di SMP Negeri 36 Surabaya. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Wakasek Urusan Humas, Wakasek Urusan Kesiswaan, Guru bagian kurikulum, Guru PAI dan siswa di di SMP Negeri 36 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi secara mendalam, interview, kuesioner dan dokumentasi, selanjutnya djanalisis melalm dua langkah, yakni, Analisa data selama pengmnpulan data dan Andisa data setelah pengumpulan data, kernudian terakhir di simpulkan. Hasil analisis deskriptif dapat terungkap bahwa: 1) Dalam pembelajaran materi PAI di kelas terlihat jelas antusias siswa dalam memperhatikan proses guru mengajar demi menyerap pengetahuan dari guru yang kedudukannya sebagai transformer ilmu pengetahuan, tapi terkadang terlihat juga sebagain murid yang kurang memperhatikan waktu guru menerangkan materi pelajaran dan ini disebabkan murid tersebut merasa bosan dengan metode cara penyampaian pelajaran ataupun disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi dirasa murid kurang menarik dan tidak sesuai dengan yang dia mginkan. 2) Isi materi Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berkut; pertama: Al Qur'an dan Hadits, Kedua; Aqidah Akhlak, Ketiaa: Fiqih, Keempat: Sejarah Kebudayaan Islam. 3) Problematika pendidikan Islam pada tataran ruang lingkup sekolah pada dasamya dapat dikelompokkan kedalam dua macam, yaitu a) Tantangan internal menyangkut sisi pendidikan agama sebagai program pendidikan, baik dari segi orientasi pendidikan agama Islam yang kurang tepat, sempitnya pemahaman terhadap esensi ajaran agama Islam, perancangan dan penyusunan materi yang kurang tepat, alokasi waktu pembelajaran yang sedikit, maupun metodologi dan evaluasinya, pembelajaran bidang studi PAI banyak tidak diminati oleh anak didik. b) Tantangan ekstemal berupa berbagai kernajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada munculnya scientific critizism terhadap penjelasan ajaran agama yang bersifat konservatif, tradisional, tekstual, dan sknpturalistik. 4) Solusi penyelesaiannya tentu harus dilakukan secara fundamental. Secara garis besar ada dua solusi yaitu: Pertama, solusi sistemik, yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan di SMP Negeri 36 Surabaya, Kedua, solusi teknis, yakni solusi yang menyangkut hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan di SMP Negeri 36 Surabaya. Guru PAI di SMP Negeri 36 Surabaya mengupayakan solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat-alat peraga dan sarana-sarana pendidikan, serta menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menerapkan metode-metode pembelajaran dengan harapan bisa mewujudkan proses pembelajaran yang menarik, inovatif, kreatif, dan efisien serta agar dapat menyesuaikan proses pembelajaran dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basyir, Moch--D01205224
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.abuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Problem belajar; pembelajaran pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:39
Last Modified: 25 Feb 2020 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39179

Actions (login required)

View Item View Item